MIX.co.id - Mengawali tahun ini, Dentsu Indonesia kembali meraih penghargaan bergengsi Spikes Asia 2023. Di penghargaan itu, Dentsu berhasil meraih Bronze untuk kategori Brand Experience & Activation dan Mobile Technology-AR. dentsu Indonesia juga menjadi satu-satunya perusahaan pemasaran yang lolos dan memenangkan ajang Spikes Asia 2023.
dentsu Indonesia tercatat lolos sebagai nominasi dengan total 6 kategori dengan 3 kampanye, tiga di antaranya menjadi satu-satunya finalis dari Indonesia dalam kategori Direct (Culture & Context), Social & Influencer, dan Mobile Technology-AR. Selain itu, tiga kategori lain yang berhasil diperoleh masuk ke dalam Outdoor (Ambient & Experiential) serta Brand Experience & Activation.
Dituturkan Andreas, Chief Creative Officer dentsu Indonesia, "Kebanggaan dari Dentsu Creative Indonesia dan seluruh talenta terbaik kami di sini, menjadikan karya yang diakui di mata internasional. Inilah wujud dan usaha kami untuk selalu memacu seluruh pihak di dentsu Indonesia, dalam menciptakan kreativitas modern yang inovatif, membentuk budaya baru, dan mengubah masyarakat.”
Salah satu karya yang berhasil memenangkan penghargaan adalah kampanye "CurrenShe" oleh Bank OCBC NISP sebagai bagian dari program #TAYTB Women Warriors. Kampanye ini berangkat dari data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang mengungkapkan bahwa kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Nasional Negara mencapai 61,1% pada tahun 2021. Bahkan, sebagian besar UMKM (64,5% atau 37 juta) di Indonesia dikelola oleh perempuan, sehingga peran womenpreneur dalam mendukung perekonomian Indonesia sangat signifikan. Lebih lanjut, survei dari Bank Indonesia membuktikan bahwa proporsi perempuan pada posisi strategis perusahaan terus bertumbuh, serta terdapat proyeksi tambahan PDB dunia sebesar USD 28 triliun apabila terdapat kesetaraan gender.
Dengan demikian, inisiatif CurrenShe ini diharapkan dapat mengingatkan kembali bahwa Indonesia juga dibangun oleh para perempuan tangguh dan hebat. Selain itu, CurrenShe juga memiliki tujuan menularkan semangat guna mendukung perempuan agar dapat semakin berkontribusi terhadap perekonomian negara secara maksimal.
CurrenShe mendorong pentingnya representasi perempuan pada dunia bisnis dan ekonomi dengan menjadikan uang yang merupakan simbol ekonomi sebagai media. Kampanye ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), di mana masyarakat dapat mengenal lebih dekat beberapa tokoh pahlawan perempuan Indonesia yang berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan dan kesetaraan sejak zaman kolonial.
Untuk menggaungkan kampanye CurrenShe, Bank OCBC NISP juga mengundang masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menghadiri Art Installation bertajuk ‘Perempuan Kuat Ekonomi Bangsa Hebat’ yang diselenggarakan di Mall Sarinah Thamrin, pada 3-24 November 2022 lalu. Selain Spikes Asia, pada April 2023, kampanye CurrenShe juga menjadi finalis dalam ajang One Show 2023 bersama sejumlah karya terbaik Dentsu Creative dari berbagai negara.
Amir Widjaya, EVP, Head of Marketing & Lifestyle Business Bank OCBC NISP, memaparkan, “Kami percaya bahwa pendekatan komunikasi yang inovatif akan memberikan inspirasi bagi masyarakat luas. Sebuah kehormatan bagi kami dapat berkolaborasi dengan Denstu Indonesia dan bersama-sama turut memenangkan penghargaan prestisius di ajang internasional.”
Spikes Asia 2023 merupakan ajang penghargaan internasional di Asia untuk para pelaku industri kreatif dan pemasaran. Ajang ini juga menjadi salah satu penghargaan tertua yang terkoneksi dengan Cannes Lions untuk mengapresiasi para praktisi ternama di bidangnya dalam bidang pemasaran seperti media cetak, video, audio, desain, kampanye digital dan sejumlah medium lainnya.
Sebelum memenangkan sejumlah penghargaan di Spikes Asia 2023, dentsu Indonesia juga mencatat sejumlah kemenangan internasional pada tahun 2022 di ajang Campaign Asia, WARC Awards for Asian Strategy, MMA Smarties APAC, Marketing Excellence Awards, YouTube Works, serta memborong tiga penghargaan ‘Agency of The Year’ ajang industri kreatif ternama lokal Citra Pariwara.