MIX.co.id - Setahun setelah peluncuran perdananya di kota Pisa, Italia, Ferrari Purosangue resmi meluncur di Indonesia, pada pertengahan ini (13/9). Ferrari Purosangue menjadi mobil dengan konfigurasi empat pintu dan empat kursi yang pertama dalam 75 tahun sejarah The Prancing Horse.
Purosangue dilengkapi dengan mesin V12 Maranello yang ikonik dan bermesin NA (naturally-aspirated) yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 725 cv (715 HP). Sejatinya, kehadiran Ferrari Purosangue akan menjadi opsi baru bagi penggemar supercar yang mengidamkan sebuah SUV super.
Dikatakan Nini Chandra, General Manager Eurokars Prima Utama, selaku distributor eksklusif Ferrari di Indonesia, "Purosangue nama yang dipakai Ferrari saat ini merupakan model terbaru yang menggambarkan sebuah mobil murni Ferrari, namun mobil ini menggunakan konsep yang baru pertama kali di Ferrari yaitu konfigurasi 4 pintu dan 4 seat.”
Purosangue adalah satu-satunya mobil dengan proporsi seperti ini yang menggunakan mesin V12 Naturally Aspirated yang dipasang di bagian tengah depan. Purosangue juga menawarkan angka performa terdepan di kelasnya (dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,3 detik dan dari 0 hingga 200 dalam 10,6 detik). Posisi mengemudi dan suara mesin V12 yang garang memberikan pengalaman berkendara yang sama sekali baru, namun tetap berkarakter Ferrari sepenuhnya.
Selain itu, Purosangue menawarkan serangkaian sistem bantuan keamanan bagi pengemudi (ADAS) yang menakjubkan sebagai fitur standar, banyak di antaranya dikembangkan bekerja sama dengan Bosch®, termasuk fitur Pengendali Laju dan Jarak Kendaraan (ACC), fitur Rem Darurat Otomatis (AEB), fitur Penggunaan Lampu Jauh Otomatis (HBA/HBAM), fitur Peringatan Keluar Jalur atau Marka Jalan (LDW), fitur Penjaga Kendaraan Berjalan Tetap pada Lajurnya (LKA), fitur Pendeteksi Objek di Titik Buta Kendaraan (BSD), fitur Pemberi Informasi Adanya Objek Bergerak di Area Belakang Kendaraan (RCTA), fitur Penangkap Rambu-rambu Lalu Lintas (TSR), fitur Pendeteksi Kelelahan Pengemudi (DDA), dan fitur yang membantu pengemudi melihat area di belakang kendaraan saat mengemudi mundur atau memarkir (NSW).
Fungsi yang tersedia untuk pertama kalinya pada Ferrari adalah Hill Descent Control (HDC), yang membantu pengemudi mempertahankan dan mengontrol kecepatan mobil, yang ditampilkan di dasbor, pada turunan yang curam. Ketika fitur HDC diaktifkan, sistem ini mengontrol sistem pengereman untuk menjamin bahwa kecepatan mobil tidak melebihi kecepatan yang tertera di layar. Namun, HDC dapat secara manual diganti dengan menggunakan pedal gas.
Sementara itu, upaya perwujudan Ferrari terhadap kemewahan tidak mengalihkan perhatiannya sedetik pun dari tanggung jawabnya terhadap aspek lingkungan dan keberlanjutan. Bahan-bahan ramah lingkungan telah digunakan secara ekstensif di seluruh bagian Purosangue, yang masih membuka kemungkinan untuk lahirnya kombinasi-kombinasi baru. Faktanya, 85% dari bahan pelapis untuk peluncuran mobil ini diproduksi secara berkelanjutan: kain pelapis atap terbuat dari poliester daur ulang, karpet lantai terbuat dari poliamida yang didaur ulang dari jaring ikan yang diambil dari lautan dan sarung jok Alcantara® yang diformulasikan ulang, juga berasal dari poliester daur ulang.
Fakta lainnya, Purosangue adalah mobil pertama di dunia yang menggunakan versi khusus sarung jok Alcantara® yang terbuat dari 68% poliester daur ulang pasca-pemakaian. Untuk versi bahan ini, Alcantara telah memperoleh sertifikasi Standar Klaim Daur Ulang (RCS) dari Istituto per la Certificazione Etica ed Ambientale/ICEA, sebuah standar internasional terkemuka yang memverifikasi bahan daur ulang dan melacaknya dari sumbernya hingga produk akhir.
Purosangue juga menawarkan berbagai macam perlengkapan opsional dan pilihan personalisasi yang memungkinkan setiap pemiliknya mendapatkan keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan performa. Untuk pertama kalinya di Ferrari, para pemilik ditawarkan kesempatan untuk mempersonalisasi atap mobil mereka. Misalnya, mereka dapat memilih atap kaca elektrokromik dengan ukuran penuh, bukan versi serat karbon yang ditawarkan sebagai standar. Kaca tersebut dilapisi pada permukaan bawahnya dengan film yang peka terhadap arus listrik. Ketika arus listrik kecil dialirkan melalui film tersebut, film itu kemudian mengubah tingkat warna untuk membanjiri kabin dengan sinar matahari atau memberikan keteduhan jika diperlukan.
Selain itu, ada kursi depan yang dapat memijat dilengkapi dengan 10 kantung udara yang bisa memberikan pijatan yang rileks dan tepat sasaran, dengan pilihan lima jenis pijatan yang berbeda dan tiga tingkat intensitas pijatan.
Sebagai yang pertama untuk jajaran Ferrari, Purosangue juga memiliki sensor kualitas udara yang dapat memeriksa udara di luar mobil dan meningkatkan kualitas udara di dalam kabin dengan kontrol sirkulasi ulang udara yang cerdas dan penggunaan filter yang dapat mencegah partikel halus hingga PM2.5 masuk ke dalam mobil.
Standar kualitas yang tiada bandingnya dari Ferrari dan komitmen pada peningkatan fokus layanan pelanggan tercermin dalam program pemeliharaan tujuh tahun yang ditawarkan untuk 296 GTS. Program ini berlaku bagi seluruh jajaran Ferrari, mencakup perawatan rutin mobil selama tujuh tahun pertama atau hingga 120,000 km. “Perawatan rutin ini merupakan layanan eksklusif bagi pelanggan untuk memastikan mobil mereka selalu berada dalam performa dan tingkat keselamatan terbaik selama bertahun-tahun. Layanan istimewa ini juga berlaku bagi pelanggan yang membeli mobil Ferrari pre-owned,” paparnya.
Beberapa keunggulan dari program Genuine Maintenance adalah jaminan perawatan rutin (interval 20.000 km atau setahun sekali tanpa batasan jarak tempuh), penggantian suku cadang asli, serta pemeriksaan secara cermat yang didukung alat diagnostik paling modern dan dilakukan oleh staf mekanik terlatih dari Pusat Pelatihan Ferrari di Maranello. Layanan ini tersedia di seluruh penjuru dunia dan dari semua dealer yang termasuk dalam Jaringan Dealer Resmi.
“Program Genuine Maintenance yang ditawarkan oleh Ferrari terus memperluas jangkauan layanan purna jualnya untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan yang ingin mempertahankan performa dan keunggulan mobilnya sebagai sebuah signature dari semua mobil yang diproduksi oleh Maranello,” tutupnya.