Categories: News Trend

Memanfaatkan Artificial Intelligence untuk Kepentingan Pemasaran

Teknologi Artificial Intelligence (AI) memang tercatat masih baru di Indonesia. Kendati baru, namun penggunaannya untuk kepentingan pemasaran telah banyak dilakukan oleh sejumlah brand. Dikatakan Leonard Nugroho, Managing Director Technology Consulting, “AI memang sudah banyak diterapkan di Indonesia, namun Implementasi lebih ke arah live chat, yaitu dengan menggunakan Chat-Bot. Contohnya, Telkomsel yang sudah menggunakan Chat Bot.”

 

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa AI dapat digunakan untuk kepentingan pemasaran, seperti customer segmentation, campaign management & real-time analysis, product pricing, serta location analytics & proximity marketing.

Sejatinya, menurut Leonard, penggunaan AI dalam kepentingan pemasaran dapat meningkatkan market share, meningkatkan customer experience, meningkatkan brand loyalty, lebih memahami tentang konsumen dari brand yang ada, dan peningkatan periklanan yang lebih efektif.

Ia pun mengingatkan bahwa ada tantangan yang kemungkinan dihadapi para pemasar dalam memanfaatkan AI, antara lain penggunaan aplikasi yang tidak terintegrasi. Akibatnya, data analytics tidak dimanfaatkan. “Jadinya, hanya untuk berhadapan dengan pelanggan kelihatan canggih, tapi back end-nya nggak jalan,” tutupnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

5 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

21 hours ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

22 hours ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

1 day ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

1 day ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

1 day ago