Pandemi tidak hanya menjadi tantangan paling berat bagi para pelaku bisnis. Sebaliknya, pandemi juga bisa menjadi peluang untuk menciptakan bisnis baru. Peluang inilah yang ditangkap oleh Ronald Kamijaya, salah seorang desainer sekaligus pengusaha millennial. Berawal dari perusahaan design dan kontraktor untuk stand pameran, akhirnya ia memberanikan diri untuk “banting setir” mengubah bisnisnya menjadi perusahaan yang bergerak di jasa virtual exhibition.
"Kami terus mencoba berinovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini guna menciptakan kinerja dan kreativitas tanpa batas, meski kondisi ekonomi nasional masih belum bangkit selama pandemi Covid-19,” kata Ronald.
Ide dan inovasi Ronald diwujudkan melalui virtual event “Indo V-Fair 2021” atau Indonesia Virtual Fair 2021 yang akan digelar pada 16 April – 15 Juni 2021. Event ini adalah perhelatan akbar yang memadukan belanja, jalan-jalan, dan hiburan di dalam dunia virtual. Indonesia Virtual-Fair 2021 merupakan pameran virtual terbesar di Indonesia, dengan menyediakan lebih dari 1.000 slot untuk para tenant yang berpartisipasi.
Indo V-Fair 2021 merupakan sebuah terobosan pertama di Indonesia dengan mengadopsi fitur FPV (First Person View), untuk mengoptimalkan pengalaman menjelajah dunia virtual yang bisa di akses melalui aplikasi di gadget.
Indo V-Fair memiliki total luas lahan 25 Hektar dan dibagi menjadi beberapa area dan cluster. Setiap clusternya terdiri dari beberapa booth template dengan desain kekinian, yang juga bisa di-custom sesuai dengan karateristik masing-masing tenant.
“Atmosfer Indo V-Fair akan didesain dengan suasana pekan raya. Dari awal masuk area Indo V-Fair, pengunjung akan disambut Greeting khas pekan raya, dengan lalu lalang SPG dan SPB yang antusias memberikan promo tenant mereka masing-masing dan siap untuk menggiring setiap visitor untuk datang ke booth mereka. Selain itu, Indo V-Fair 2021 juga punya beberapa spot untuk beriklan, seperti videotron, zepelin, dan truck Ads yang akan membuat suasana virtual event ini dapat mengobati kerinduan akan Physical event,” ceritanya.
Lebih jauh ia menerangkan, pengunjung Indo V-Fair juga dapat menikmati aneka hiburan menarik. Mulai dari Main Stage yang megah dan futuristik untuk para sponsor dan tenant mengisi acara, lelang barang, short movie, band perfomance, sampai talkshow, yang semuanya bisa dibuat sesuai keinginan sponsor dan tenant.
"Mengusung tema ‘Experiencing is Believing, kami percaya, akan tetap bisa menghadirkan atmosfer Pekan Raya pertama dalam bentuk virtual, yang dapat diakses melalui gadget dengan feel yang tidak jauh beda dengan pekan raya sebelum pandemi. Kami yakin konsep Virtual event dapat menjaga kelangsungan hidup penggiat event di Indonesia," tutup Ronald.