Menangkap Peluang Usaha Melalui Layanan Mitra Shopee dan ShopeeFood

MIX.co.id - Pasangan suamni-istri, Nur Khomariah dan Ahmad Rifai, sempat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada awal pandemi, 2020. Di tengah kehilangan mata pencaharian,  mereka justru tak patah semangat untuk kembali mencari peluang lain. 

Sembari mencari pekerjaan, mereka pun mencoba mencari tambahan penghasilan melalui usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim. Hingga akhirnya, mereka berkenalan dengan layanan Mitra Shopee, sebuah aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital, termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan, hingga isi saldo ShopeePay.

“Kami sempat merasa khawatir bagaimana harus memenuhi kebutuhan keluarga. Itu sebabnya, kami mulai mencari peluang untuk membangun usaha sendiri dengan modal yang minim. Akhirnya, kami mencoba memberanikan diri membuka warung kecil-kecilan yang juga menyediakan produk digital melalui layanan Mitra Shopee,” kisah Nur.

Sementara itu, untuk membantu perekonomian keluarga, lanjut Nur, suaminya juga bekerja sebagai Mitra Pengemudi Shopee. “Waktu kerjanya yang fleksibel juga membuat suami saya bisa turut membantu saya di warung dan mengurus anak,” ucapnya.

Nur mengaku, layanan Mitra Shopee dan ShopeeFood telah membantu menambah penghasilan mereka dan bangkit dari masa sulit. Hingga kini, keduanya masih mengandalkan pekerjaan mereka. 

Nur pun mengatakan bahwa pelanggan setia yang selalu membeli berbagai produk digital padanya terus berdatangan hingga sekarang. Dalam sehari ia bisa melayani transaksi ke lebih dari 20 pelanggan, bahkan ia pun pernah mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah per bulan dari usahanya tersebut.  

Nur pun berbagi beberapa tips agar masyarakat juga bisa mencari peluang bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi di era digital seperti sekarang. Tipsnya adalah jeli dalam memaksimalkan peluang yang ada, membangun kepercayaan dan layanan ekstra untuk pelanggan, dan aktif melakukan promosi dengan memperbanyak strategi.

“Saya dan suami bersyukur karena hanya dengan memanfaatkan teknologi, semua orang bisa mendapat peluang usaha dengan mudah. Dengan banyaknya produk digital dan layanan yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau, kini, pelanggan saya pun tak hanya mencari pulsa atau paket data, mereka bahkan mulai mempercayakan jasa saya untuk isi saldo ShopeePay hingga membayar tagihan belanja online Shopee mereka,” pungkas Nur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)