MIX.co.id - Saat ini, brand dituntut untuk lebih cepat beradaptasi dalam menghadapi perilaku konsumen yang terus berkembang dan berubah. Menurut Carey Anderson, CEO 1datapipe, banyak perusahaan masih bergantung pada data historis dalam mengambil keputusan, sehingga cenderung bereaksi terlambat terhadap perubahan pasar.
"Perilaku konsumen tidak pernah statis, ia akan terus berubah. Saat ini, hyper-personalization dalam membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan nilai pelanggan seumur hidup sangat penting. Personalisasi berbasis AI hanya akan efektif jika didukung oleh data konsumen yang berkualitas tinggi,” ia mengingatkan.
Sejatinya, keberhasilan personalisasi sangat bergantung pada kualitas data yang digunakan. “Kami menyediakan intelijen tersebut agar AI dapat bekerja maksimal. Brand yang mengintegrasikan data identitas dari teknologi 1datapipe ke dalam sistem personalisasi mereka dapat mengalami peningkatan tingkat retensi hingga 50 persen dan kenaikan lifetime value hingga lima kali lipat," paparnya.
Lebih jauh ia menjelaskan bahwa GeoLifestyle Intelligence dari 1datapipe membantu platform analitik pelanggan berbasis AI dan otomasi pemasaran untuk mendeteksi perubahan perilaku secara langsung.
"Dengan data kami, sistem AI milik brand dapat secara proaktif menyesuaikan strategi tanpa harus menunggu laporan penjualan. Mereka bisa langsung memahami perubahan dan mengoptimalkan pendekatan berdasarkan intelijen data yang terstruktur secara real-time," terangnya.
Melihat ke masa depan, Carey mengungkapkan bahwa 1datapipe tengah mengembangkan inovasi untuk memperkuat pemasaran berbasis data. Beberapa inovasi tersebut antara lain AI-Optimized Data Streams yang memungkinkan integrasi data langsung ke dalam sistem adtech, martech, dan pencegahan penipuan berbasis AI. Lalu ada Predictive Identity Analytics untuk memprediksi niat konsumen sebelum mereka bertindak, serta Cross-Channel Attribution Intelligence yang menghubungkan aktivitas konsumen di dunia nyata dengan keterlibatan digital.
"Pemasaran, pencegahan penipuan, dan pengambilan keputusan berbasis AI hanya akan sekuat data yang mendukungnya," yakin Carey.
Oleh karena itu, 1datapipe berkomitmen menjadi penyedia intelijen data terbaik untuk membentuk masa depan solusi bisnis berbasis AI. "Dengan pendekatan data real-time dan prediktif, 1datapipe berupaya mempercepat transformasi digital brand agar tetap relevan di tengah perubahan perilaku konsumen yang terus bergerak," tutupnya.