Menentukan Angle yang Tepat untuk Content Marketing

Salah satu senjata dalam content marketing adalah artikel. Namun, sebelum memulai untuk membuat artikel, ada baiknya Anda mengembangkan angle yang ingin diangkat dari tulisan tersebut. Tanpa adanya angle yang jelas, tulisan jenis apapun akan sulit mengantarkan pesan yang ingin Anda sampaikan.

top-content-marketing-articles-2014 Sebelas angle tulisan yang dapat Anda pilih untuk membuat artikel content marketing

Tom Carpenter, dalam artikelnya yang berjudul “11 Angles for Your Content Marketing Articles” mengungkapkan bahwa pada dasarnya tidak ada seorang pun ingin membaca tulisan yang hanya berisi iklan tentang produk atau servis dari perusahaan Anda. Tulisan yang hanya berisi iklan bukanlah content marketing yang tepat. Konsumen loyal dan potensial Anda pasti ingin mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi mereka. Di sisi lain, Anda tentu ingin menjadikan brand Anda sebagai salah satu alternatif pilihan bagi konsumen untuk menyelesaikan masalah atau kebutuhan mereka. Itulah sebabnya, Anda perlu untuk membuat tulisan atau artikel yang menarik guna menjembatani kebutuhan brand dan konsumen Anda.

Berikut ini beberapa angle yang potensial diangkat menjadi tulisan content marketing menurut Tom Carpenter:
1. Hemat waktu:
Banyaknya tuntutan pekerjaan, peran di keluarga, dan ekstrakulikular yang harus dijalani oleh konsumen saat ini membuat mereka membutuhkan tambahan waktu. Anda dapat menjadikan kebutuhan ini sebagai angle tulisan content marketing Anda, yakni berisi tentang bagaimana brand Anda dapat membantu konsumen menghemat waktu mereka? Kembangkanlah angle yang membuat mereka berpersepsi bahwa produk Anda dapat membuat hidup mereka lebih efisien.

2. Hemat uang:
Angle ini merupakan angle yang sering digunakan oleh marketers. Betapa tidak, pada dasarnya semua manusia ingin berhemat. Inilah yang kemudian dapat diangkat oleh marketers, yakni bagaimana brand Anda mampu membantu konsumen untuk hidup lebih hemat.

3. Menyelesaikan masalah
Penerapan angle ini sangatlah sederhana, yakni memperkenalkan sebuah masalah lalu menghadirkan ide-ide sebagai solusi dari permasalahan tersebut secara langsung, namun tetap dibuat dalam bentuk step-by-step. Anda dapat menghadirkan brand Anda di salah satu rangkaian dari step-by-step solusi.

4. Menjawab pertanyaan
Salah satu sumber inspirasi terbaik untuk content marketing Anda ialah konsumen loyal dan calon konsumen Anda. Pertanyaan-pertanyaan apa yang mereka tanyakan seputar brand Anda? Manfaatkan informasi dari customer service dan sosial media untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan dan isu yang diminati konsumen, lalu jadikanlah pertanyaan tersebut sebagai konsep dari angle cerita. Headline-nya dapat berbentuk sederhana, yakni mengulang pertanyaan yang sering ditanya oleh konsumen.

5. Mengembangkan diri
Pada dasarnya semua orang ingin mengembangkan dirinya, baik itu dalam kesehatan, pengetahuan, karier dan sebagainya. Tawarkan sebuah cerita mengenai jalan menuju pengembangan diri lalu hadirkanlah brand, produk atau servis Anda sebagai salah satu hal yang dapat membantu audiens mencapai pengembangan diri.

6. Membuat dunia menjadi lebih baik
Manusia tentu peduli dengan dunia -lingkungan dan hubungan sesama manusia-. Ajaklah calon konsumen untuk merenungkan apakah mereka dapat membantu membuat dunia menjadi lebih baik? Angle ini paling efektif digunakan ketika brand Anda memang mampu mempermudah audiens untuk memperbaiki banyak hal. Setelah itu, barulah produk atau servis Anda dapat tampil di cerita.

7. Membawa keluarga berkumpul bersama
Di zaman serba sibuk ini, banyak orang ingin memperoleh waktu tambahan untuk berkumpul dengan orang-orang yang mereka cintai. Jika brand Anda dapat membantu konsumen berkumpul dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, Anda dapat menggunakan angle ini. Caranya sederhana, yakni menawarkan promosi makan bersama keluarga atau mengajak mereka untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan memanfaatkan brand Anda.

8. Wawancara pakar
Buatlah sebuah kasus di mana seorang ahli dapat mengatakan suatu hal yang penting dan dapat dikaitkan dengan brand Anda. Wawancara dengan ahli merupakan cara yang efektif untuk menentukan angle artikel Anda karena kutipan dan insight dari pakar akan menambah kredibilitas dan memorabilitas dari tulisan content marketing Anda.

9. Menggoyahkan tradisi
Jika brand Anda dapat menggoyahkan tradisi sekaligus menantang beliefs dan praktik di dalam kehidupan konsumen Anda, maka angle ini merupakan pilihan yang pas untuk diangkat. Setiap orang ingin mengetahui kebenaran headline Anda, serta apakah mereka perlu untuk mengubah beliefs mereka mengenai produk sejenis.

10. Merayakan liburan
Seiring dengan semakin pentingnya waktu untuk keluarga, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk membantu orang merayakan elemen integral di dalam hidup mereka ini. Liburan adalah kesempatan terbaik untuk mengeksekusi hal ini. Buatlah tulisan yang mengangkat tentang bagaimana konsumen dapat membuat liburan mereka berkesan, serta tak lupa masukkan brand Anda ke dalam tulisan tersebut.

11. Membuat kontroversi
Terkadang ada baiknya Anda sedikit bereksperimen. Pikirkanlah bagaimana Anda dapat membuat artikel yang mengangkat angle kontroversi, sehingga tulisan Anda dapat tampil stand out di antara tulisan content marketing kompetitor Anda.

Satu catatan penting dari Tom Carpenter, pilihlah satu jenis angle yang sesuai dengan brand Anda saja. Sebaiknya hindari penggunaan dua atau lebih angle karena dapat membuat Anda kehilangan fokus serta membuat tulisan menjadi tidak efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)