News Trend

Menghadirkan Kelas UMKM Makin Cakap Digital di “Siberkreasi Netizen Fair 2022”

Dia pun menjelaskan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan pelaku UMKM dalam menggunakan teknologi digital yang baik di era transformasi digital.

“Tahapan yang pertama yaitu kegiatan mengenal, memahami, menguasai, dan menggunakan platform digital, disebut tahapan onboarding. Tahapan kedua adalah aktivasi, menggunakan segala platform digital sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tahap ketiga, scale up, buat rencana untuk mempersiapkan langkah-langkah berikutnya dalam menggunakan platform digital. Kemudian tahap terakhir, go international, dimana pelaku UMKM dapat melakukan tahapan UMKM go online dengan menjual produknya hingga ke ranah internasional,” Fajar menjelaskan.

Pembahasan mengenai UMKM Makin Cakap Digital dijelaskan lebih lanjut dalam sesi Kelas
Kreasi Konten berjudul “Membuat Konten Menarik untuk UMKM” yang disampaikan oleh Edho Zell. Ia menjelaskan mengenai bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan produk UMKM dengan memahami teori customer journey.

Edho Zell lalu mendorong peserta, yang sebagian besar adalah pelaku UMKM, untuk membuat akun TikTok sebagai media untuk membangun awareness atau tahap pengenalan terhadap produk yang ditawarkan. Selanjutnya, ia memberi tips mengenai langkah-langkah agar produk memiliki nilai jual yang berbeda dan mengandung unique selling point.

Dia juga menjelaskan tiga cara untuk membuat konten yang berguna bagi brand. Cara yang pertama adalah Hub, yaitu dengan memanfaatkan tren untuk mengkomunikasikan brand kepada khalayak yang berguna untuk menaikkan jumlah followers. Lalu, Hero, yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan product knowledge dengan menggunakan format intro-problem-solution yang menjelaskan bagaimana produk pelaku UMKM dapat menjadi solusi dari permasalahan kebutuhan khalayak atau calon pembeli. Cara terakhir adalah Help, yaitu cara untuk membangun followers yang loyal terhadap brand yang dimiliki oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan aspek emosional followers.

“Cara ini dapat digunakan dengan membalas komentar followers dan membuat konten video dari balasan komentar followers, sehingga berpotensi untuk membuat followers menjadi loyal terhadap brand,” paparnya.

Page: 1 2Lihat Semua

Dwi Wulandari

Recent Posts

Percepat Fase Pertumbuhan, MMSGI Terapkan Workday HCM

MIX.co.id – Workday, Inc (NASDAQ: WDAY), penyedia solusi untuk membantu organisasi mengelola sumber daya manusia…

8 hours ago

Sharp Hydro Heroes, Program Kewirausahaan Bidang Pertanian untuk Anak Muda Indonesia

MIX.co.id - Data yang dilansir oleh Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI, jumlah…

18 hours ago

Pameran Konstruksi Indonesia 2024 di ICE BSD Targetkan 15 Ribu Pengunjung

Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri) didampingi Menteri Pekerjaan Umum Dody…

1 day ago

Atasi Kebocoran, Aquaproof Luncurkan Conseal

MIX.co.id – Aquaproo, pelopor cat pelapis anti bocor (waterproofing) di Indonesia, di usianya ke-40 tahun…

1 day ago

BNI Sekuritas – Tomoro Coffee – BEI Gelar SPM bagi Milenial dan GenZ

MIX.co.id – PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas), berkolaborasi dengan Tomoro Coffee dan Bursa Efek Indonesia…

1 day ago

HERA Luncurkan Platform Layanan Pelanggan Berbasis AI

MIX.co.id – HERA, platform kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) generasi baru, mengumumkan peluncuran solusi inovatifnya yang…

1 day ago