Mengintip Cause Related Marketing ala McDonald’s

Menjalankan program Cause Related Marketing pada saat Ramadhan memang kerap dilakukan oleh marketers di Tanah Air. Tanpa terkecuali, McDonald’s Indonesia. Di penghujung Ramadhan tahun ini (11/7), McDonald’s Indonesia menyerahkan donasi berupa 20.315 Happy Meal dan 3.706 Paket Nasi kepada 318 panti asuhan dan panti jompo di seluruh Indonesia.

IMG_20150712_48584

Donasi tersebut diperoleh dari hasil pengumpulan struk pembayaran konsumen di program “Mari Berbagi” yang digelar pada tanggal 1 hingga 7 Juli 2015. Mekanisme pengumpulan donasi adalah dengan menyediakan dua kotak sumbangan di 159 restoran McDonald’s. Selanjutnya, McDonald’s menyumbangkan 2,5% dari total nilai struk pembelanjaan yang terkumpul dari kota sumbangan tersebut selama tujuh hari, dalam bentuk produk Happy Meal dan Paket Nasi.

Marketing and Communication Director McDonald’s Indonesia Michael Hartono mengatakan, “Melalui program Mari Berbagi, McDonald’s mengajak masyarakat terutama konsumen setia McDonald’s untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak panti asuhan dan penghuni panti jompo dengan cara yang sederhana. Cukup dengan memasukkan struk pembayaran ke kotak sumbangan, konsumen sudah dapat turut berbagi dengan sesama.”

Lantaran program Mari Berbagi merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap komunitas di lingkungan restoran McDonald’s, maka setiap restoran harus memilih dua yayasan yang berada di sekitarnya. Bahkan, konsumen juga dilibatkan untuk memilih satu dari dua yayasan yang sudah ditunjuk oleh McDonald’s. Untuk memudahkan konsumen, McDonald’s mencantumkan nama dan alamat yayasan di setiap kotak sumbangan. Kemudian, konsumen tinggal memasukkan struk pembayaran ke salah satu kotak sumbangan, sesuai dengan yayasan yang dipilihnya.

“Kami berharap hasil donasi yang diperoleh dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) McDonald’s ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pihak-pihak yang membutuhkan,” harap Michael.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)