Mengukur Efektivitas Kampanye “Amazing 11.11” JD.ID

Perayaan Single Day atau kampanye 11.11 di tahun ini berdampak signifikan terhadap kinerja merek JD.ID, perusahaan e-Commerce yang terafiliasi dengan JD.com yang dikenal sebagai perusahaan internet terbesar ke-3 di di dunia. Festival belanja online yang popular di negeri China tersebut tercatat efektif meningkatkan volume transaksi JD.ID.

GMV (Gross Merchandise Volume) harian JD.ID pada momen 11.11 tahun 2018 ini misalnya, sama dengan GMV semester pertama tahun 2017. Bahkan, pada kampanye “Amazing 11.11” yang diusung JD.ID pada perayaan Single Day 2018 ini, pertumbuhan jumlah pesanan mampu mencapai 845% dibandingkan tahun sebelumnya. Traffic pada saat kampanye “Amazing 11.11” pun mampu naik 352% dari tahun sebelumnya.

Selain itu, terjadi peningkatan angka effective order di kategori marketplace yang mencapai 1.763% dibandingkan dengan 11 November 2017. Sementara itu, peningkatan effective order di setiap kategori marketplace pada 11 November 2018 mencapai 500-1000% dibandingkan dengan 11 November 2017.

Fakta lainnya, penjualan harian dan persentase pertumbuhan kuantitas di kategori Personal Care hampir mencapai 1000% selama periode Road to Amazing 11.11. Bahkan, dalam waktu kurang dari 11 hari, jumlah popok yang terjual dapat memenuhi kebutuhan 300.000 anak.

Lantas, kategori produk apa saja yang mengalami penjualan tertinggi selama kamapnye Amazing 11.11? Hasilnya, ada Top 5 kategori produk yang menghasilkan GMV tertinggi selama kampanye “Amazing 11.11”. Kategori pertama adalah Telepon, Tablet, dan Aksesoris, di mana Samsung, Xiaomi, dan Nokia menjadi merek yang paling diminati. Disusul kategori Home Appliances yang menempati posisi kedua, dengan Sharp, Samsung, dan Philips menjadi merek yang paling diminati.

Posisi ketiga adalah kategori Laptop dan Desktops, dimana Asus, HP, dan Lenovo menjadi merek yang paling diminati konsumen. Posisi keempat, ada Kategori Groceries & Health Care, di mana Bimoli, Sania, dan Tropical menjadi merek yang paling digandrungi konsumen. Terakhir, di posisi kelima, ada kategori Mother, Baby, & Kids, dimana Bebelac, Enfagrow, MamyPoko menjadi merek yang paling banyak dibeli.

JD Golden Tickets yang merupakan bagian dari kampanye “Amasing 11.11” juga mendapat respon yang sangat tinggi dari pembelanja online Indonesia. Terbukti, ada 22.000 Golden Tickets elektronik (kesempatan memenangkan produk luxury dan branded yang #DijaminOri dengan harga Rp 111.000 saja) terjual dalam waktu 10 detik. Selain itu, 35.200 Golden Tickets non-elektronik terjual dalam waktu kurang dari 1 menit. Adapun 8.668 Mystery Box terjual dalam waktu kurang dari 1 menit. Sementara 1.300 produk JD99 (harga serba 99ribu), mampu terjual dalam waktu kurang dari 5 menit.

Pencapaian Kampanye Amazing 11.11 tersebut, diakui CEO JD.ID Zhang Li, menunjukkan bahwa apa yang dilakukan JD.ID mendapat apresiasi dari para pelanggan serta mendapatkan dukungan yang sangat besar dari tim internal yang memungkinkan itu terjadi. “Kami akan terus melayani para pelanggan lebih baik sambil menuju ke perayaan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 12.12 mendatang,” ucapnya.

Secara keseluruhan,tambah Li, volume transaksi JD.com untuk ‘Singles Day Shopping Festival’ tahun ini mencapai rekor yakni RMB 159,8 miliar atau sekitar Rp 340 triliun, terhitung sejak awal festival berlangsung pada 1 November 2018, di mana JD.com juga membantu para pemilik toko fisik untuk ikut serta meramaikan. Pada 11.11 tahun lalu, JD.com mencatatkan penjualan sebesar Rp 283,1 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)