Mengukur Efektivitas LazMall Sebagai Platform Belanja Brand-Brand Flagship

MIX.co.id - Studi yang dilakukan Lazada di Asia Tenggara pada paruh pertama 2021 menunjukkan bahwa pelanggan baru di LazMall--kanal khusus brand-brand flagship dari Lazada--bertumbuh hampir dua kali lipat dari tahun ke tahun. Sementara itu, total nilai belanja konsumen di LazMall tercatat dua kali lipat lebih banyak dari rata-rata belanja konsumen di kanal lain pada platform Lazada.

Diakui Lia Kurtz, VP of FMCG Category Lazada Indonesia, “Hanya dalam waktu tiga tahun, LazMall berkembang dengan sangat pesat. Saat ini, ada lebih dari 32.000 mitra brand di Asia Tenggara yang bergabung di LazMall, termasuk juga brand lokal asli Indonesia.”

Di Indonesia, minat konsumen untuk berbelanja di LazMall juga terus meningkat. Di Festival Belanja 9.9 yang lalu misalnya, Lazada mencatat pertumbuhan pembelian dua digit untuk kanal LazMall. “Data ini memperlihatkan bahwa konsumen semakin nyaman berbelanja secara online, terutama dengan adanya platform yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh barang dari brand favorit mereka, tanpa perlu khawatir akan kualitas maupun jaminan keaslian produk, seperti yang ditawarkan LazMall,” papar Lia.

Melanjutkan kesuksesan LazMall, pada Februari 2021 lalu, Lazada juga meluncurkan LazMall Prestige, sub-kanal khusus dari LazMall, guna memenuhi kebutuhan konsumen akan produk-produk yang tergolong premium. “LazMall Prestige dikunjungi ratusan konsumen setiap bulannya, serta menaungi puluhan brand premium ternama yang telah dikurasi dalam tiga kategori besar, yakni kecantikan, fashion dan lifestyle,” tambahnya.

Bahkan, sebagian brand menjadikan LazMall dan LazMall Prestige channel eCommerce eksklusif mereka. Sebut saja, Nike, Converse, Skechers,SKII, Lancome, Estee Lauder, MAC Cosmetics, Shiseido, dan paling anyar produk perawatan kulit premium La Mer yang memilih untuk hadir eksklusif di LazMall Prestige.

Diuraikan Sarah Damanik, Brand Manager La Mer Indonesia, “Kami melihat potensi pasar kecantikan premium di Indonesia sangat besar. Sayangnya, selama ini belum sepenuhnya bisa kami jangkau, karena saat ini flagship store La Mer baru tersedia di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Bali.”

Oleh karena itu, menjadi bagian dari LazMall Prestige telah membantu mendekatkan brand La Mer dengan lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia. “La Mer kini mampu menjangkau konsumen di kota-kota lain, termasuk kota-kota sekunder, seperti Banyuwangi. Bahkan, kami mampu menjangkau konsumen di ujung timur Indonesia, seperti Manokwari. Dengan LazMall Prestige, kami bisa memiliki eksistensi secara online sambil tetap menjaga identitas brand kami sebagai brand yang selalu memberikan pengalaman belanja yang premium,” lanjut Sarah.

LazMall tidak hanya menaungi brand internasional, namun juga menjadi wadah bagi ratusan brand lokal untuk berkembang, di antaranya Eiger dan Endless Love. Dua brand asal Kota Bandung ini juga telah sukses memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand mereka, dan menjangkau konsumen dari seluruh wilayah di Indonesia.

Dituturkan Jason Edward Wuysang, eCommerce General Manager Eiger, “Sejak kami bergabung dengan LazMall di tahun 2016, kami berhasil merambah pasar yang lebih luas, terlepas dari gerai offline yang telah kami miliki.”

Berbeda dengan Eiger yang merambah ke pasar online setelah memiliki ratusan outlet, Endless Love, brand produk bedding asal Bandung, bergabung bersama Lazada sejak awal merintis usahanya, hingga akhirnya masuk ke dalam kanal LazMall setelah kian berkembang di Lazada.

Nanang Hidayat, Business Development Manager Endless Love, mengaku, “Keputusan kami memasuki ranah ecommerce merupakan sebuah strategi untuk menyiasati beberapa tantangan yang dihadapi Endless Love sebagai brand pendatang baru kala itu. Lazada merupakan eCommerce pertama bagi Endless Love. Sebagai brand baru saat itu, fitur di Lazada memungkinkan kita meningkatkan awareness, bahkan dengan budget yang sangat terbatas.”

Sejak menjadi bagian dari LazMall, ia melihat kepercayaan konsumen terhadap brand Endless Love meningkat. Distribusi pun menjadi semakin baik, sehingga produk yang telah diproduksi dapat diserap dengan maksimal oleh pasar. “Ini tentunya berdampak signifikan pada keuntungan serta pengembangan bisnis kami,” yakinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)