Mengulang Sukses Gerakan Sosial #BekasJadiBerkah

Ramadhan dan Lebaran memang selalu menjadi magnit bagi pengelola merek di Indonesia. Hampir seluruh merek dari beragam industri senantiasa melewatkan momentum tersebut. Mulai dari kegiatan branding, promosi, brand activation, digital marketing, hingga Corporate Social Responsibility (CSR) dilancarkan pengelola merek dalam menggenjot kinerja brand mereka selama musim tersebut.

IMG_20150611_2494__1434010924_33798 Melalui gerakan #BekasJadiBerkah, OLX memotivasi sekaligus menggugah masyarakat untuk memiliki kepedulian terhadap sesama.

OLX Indonesia pun tak ingin melewatkan peluang itu. Sukses menggalakkan gerakan #BekasJadiBerkah di tahun 2014 silam, Ramadhan rajun ini OLX Indonesia kembali melanjutkan gerakan serupa. Melalui gerakan #BekasJadiBerkah, OLX memotivasi sekaligus menggugah masyarakat untuk memiliki kepedulian terhadap sesama.
"Cara untuk mengikuti gerakan ini cukup mudah. Cukup iklankan barang yang tak terpakai yang ingin Anda jual atau donasikan melalui OLX.co.id serta pasang harga sesuai keinginan. Selanjutnya, tambahkan #BekasJadiBerkah pada judul iklan, lalu tambahkan kalimat 'Saya ikut kegiatan #BekasJadiBerkah dengan memasang iklan ini' pada deskripsi iklan," papar CEO OLX Indonesia Daniel Tumiwa.

Berbeda dari tahun lalu yang hanya menjalankan gerakan tersebut lewat online dengan mengumpulkan 47.043 partisipan, tahun ini media komunikasi yang digunakan OLX jauh lebih variatif. Antara lain, lewat online plus social media OLX, TV commercial, hingga brand activation Gerobak Tajil. "Ini kami lakukan agar gerakan sosial #BekasJadiBerkah memiliki dampak yang jauh lebih besar kepada masyarakat. Bahkan, gerakan ini kami lakukan sebulan penuh," tutur Hermanto, Brand And Communications Specialist OLX Indonesia.

Pada kesempatan itu, OLX Indonesia juga menggandeng berbagai komunitas untuk memviralkan gerakan #BekasJadiBerkah. Melalui komunitas, Hermanto berharap lingkungan di komunitas tersebut dapat berpatisipasi dalam aksi sosial itu.

Sejatinya, melalui kegiatan itu, OLX ingin gerakan sosial digiatkan dan digerakkan sendiri oleh masyarakat. Sementara, OLX hanya sebagai wadah yang membantu mengamplifikasi gerakan #BekasJadiBerkah. Oleh karena itu, jika ada partisipan yang butuh rekomendasi ke mana donasi mereka harus disalurkan, mereka bisa bertanya kepada sesama partisipan. Dengan demikian, conversation sekaligus engagement antarpartisipan pun tercipta dengan baik.

Dalam rangkaian kampanye #BekasJadiBerkah, OLX juga menghadirkan aktivasi yang melibatkan netizen di social media. Antara lain, netizen yang berpartisipasi pada gerakan itu dapat mengambil foto atau video seputar kegiatan #BekasJadiBerkah di media sosial twitter, facebook, youtube, dan instagram. Melalui kegiatan itu, OLX pun menawarkan hadoah menarik seperti smartphone, kamera, TV, hingga uang tunai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)