Mengusung Budaya Indonesia, Cafe Dangdut New York Resmi Hadir di Amerika

MIX.co.id - Wepoc (We People of Culture) Musik Indonesia resmi meluncurkan Café Dangdut New York pertama di dunia, pada September ini. Dalam rangkaian peluncuran Cafe Dangdut tersebut, Wepoc menggelar  kegiatan kebudayaan Indonesia di kawasan Times Square, New York, Amerika Serikat.

Pada kesempatan peluncuran Café Dangdut New York tersebut, Wepoc juga memperkenalkan Indopop Movement, yakni gerakan untuk memperkenalkan dan memperkuat kembali unsur-unsur budaya asli Indonesia di kancah dunia. Mulai dari musik asli Indonesia, yaitu Dangdut, lalu Kopi asli Indonesia, Busana asli Indonesia yaitu Batik, serta kreativitas lainya dari Indonesia.

Sementara itu, dalam kegiatan di Times Square, Wepoc juga melibatkan sederet artis dari Indonesia, seperti Fitri Carlina dan DJ CNM (Kalista), yang berkolaborasi membawakan musik dangdut dengan lebih modern. Fitri Carlina juga bertemu dengan penyanyi top Amerika, Eskoh, yang sempat berkolaborasi secara virtual dalam acara Superbowl pada Februari 2021 lalu. Penampilan yang sangat memukau juga ditampilkan oleh Orkes Dangdut Sinar Muda dengan membawakan lagu-lagu dangdut yang energik.

Selain itu, ditampilkan juga seniman-seniaman binaan KJRI New York dengan menampilkan keahilannya membawakan gamelan Bali serta tarian dari Bali. Dilanjutkan dengan pagelaran busana pernikahan asli Jawa dan Bali hasil karya Ernia Redberry dan Indah Aini. Selain itu, digelar juga pagelaran busana batik asli Indonesia dari karya-karya designer Indonesia yang sudah terkenal, seperti Hengki Kawilarang, Batik Trusmi oleh Sally Giovanny, dan Coreta Louise, Coreta Indonesia. Sementara itu, untuk model-model yang dipakai dalam gelaran busana adalah para model elit yang berpengaruh di Amerika khususnya New York.

Peluncuran ini dihadiri oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York, Amerika Serikat  Dr. Arifi Saiman, MA. Pada kesempatan itu, Dr. Arifi meresmikan Cafe Dangdut New York, dengan ditandai penyerahan token penghargaan kepada Romy Sembiring, CEO Wepoc Musik Indonesia.

“Saya sangat terharu sekaligus bangga dengan peluncuran Café Dangdut New York yang sekaligus merupakan langkah awal dalam memperkenalkan gerakan global dari Indonesia, yaitu Indopop Movement,” ucap Arifi dalam siaran pers yang diterima MIX.

Dia juga berharap, ke depannya, semoga akan ada banyak talenta serta berbagai keunikan asli dari Indonesia, yang akan memperoleh kesempatan dalam panggung dunia. Dengan demikian, menjadikan Indonesia lebih dikenal lagi oleh pasar mancanegara.

Ditambahkan Romy Sembiring, CEO Wepoc Indonesia, “Kami sangat bangga dapat memperkenalkan Café Dangdut New York sekaligus tahap awal dalam gerakan Indopop Movement kami ini. Sebuah hal yang sangat menantang, terlebih dalam situasi sulit seperti sekarang ini, untuk meluncurkan sebuah gerakan (movement) dalam rangka memperkuat posisi Indonesia di kancah panggung kreatif dunia dan budaya Indonesia secara umumnya.”

Lebih jauah ia menegaskan, Café Dangdut New York adalah merek asli Indonesia yang pertama kali diluncurkan di New York, Amerika Serikat. Cafe ini berangkat dari inisiatif  para talenta muda Indonesia yang ingin memperkenalkan dan memperkuat posisi Indonesia melalui kreativitas pengolahan minuman kopi asli Indonesia yang sudah terkenal mendunia. Selain itu, ditambahkan juga unsur kesenian musik dangdut khas Indonesia, sehingga dapat menjadi pelengkap yang sempurna untuk memperkuat kehadiran Indonesia di kancah global.

Sejatinya, Café Dangdut New York ini juga memiliki misi sebagai outlet pemasaran untuk hasil karya produksi industri kreatif UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Indonesia, selain produk kopi nusantara itu sendiri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)