Minggu Pertama Ramadan 2023, Penjualan Takjil di Tokopedia Melonjak Tiga Kali Lipat

MIX.co.id - Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori produk yang paling populer di Tokopedia, selama seminggu pertama Ramadan 2023 (periode data: 23-29 Maret 2023).

Dituturkan Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak, “Di kategori produk Makanan dan Minuman, ada peningkatan penjualan takjil sebesar 3 kali lipat selama seminggu awal Ramadan dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023 di Tokopedia. Ini dikarenakan, pada bulan puasa, berburu takjil menjadi kegiatan yang sering dilakukan masyarakat.”

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa aneka takjil mengalami peningkatan transaksi yang signifikan melalui Tokopedia selama seminggu awal Ramadan 2023. Contohnya, transaksi kelapa muda yang naik hampir 2 kali lipat jika dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023. “Kelapa muda cenderung dicari banyak orang, karena bisa membantu mencukupi kebutuhan elektrolit harian terutama selama berpuasa,” terang Nuraini.

Transaksi es pisang ijo, kudapan manis khas Makassar yang terbuat dari pisang dibungkus lapisan tepung hijau, juga tercatat melonjak lebih dari 2 kali lipat. “Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa, seperti kolak pisang dan kurma, meningkat masing-masing sekitar 3,5 kali lipat, sedangkan penjualan kolang kaling yang biasanya menjadi campuran takjil, melonjak hampir 4 kali lipat,” lanjutnya.

Diakui Nuraini, saat ini sudah ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, yang hampir 100%-nya pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Belasan juta pelaku usaha ini menjual berbagai kategori produk, termasuk makanan dan minuman.

“Di bulan puasa, Tokopedia membantu para penjual makanan dan minuman, termasuk takjil, untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempermudah masyarakat menemukan beragam pilihan takjil lewat berbagi upaya. Salah satunya lewat kampanye Tokopedia NYAM!” ungkap Nuraini.

Melalui Tokopedia NYAM!, penjual makanan dan minuman bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Para pembeli di sisi lain dapat menikmati cashback, flash sale, dan penawaran lain agar belanja produk makanan dan minuman makin hemat.

“Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kampanye Tokopedia NYAM! di seminggu pertama Ramadan 2023 meningkat drastis. Jumlah penjual di Tokopedia NYAM! melonjak hampir 12 kali lipat dibandingkan periode yang sama di Ramadan tahun lalu. Jumlah pembeli yang berbelanja lewat Tokopedia NYAM! juga meningkat lebih dari 13 kali lipat,” terang Nuraini.

“Selain kampanye Tokopedia NYAM!, kami juga terus mengedepankan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Lewat Hyperlocal, UMKM makanan dan minuman di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar, sedangkan pembeli bisa mendapatkan banyak pilihan makanan dan minuman, termasuk takjil, dengan lebih cepat dan efisien,” ucap Nuraini.

Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, imbuhnya, Tokopedia mencatat beberapa daerah seperti Cimahi (Jawa Barat), Bantul (D.I. Yogyakarta), Badung (Bali), Denpasar (Bali) serta Makassar (Sulawesi Selatan) mengalami peningkatan jumlah penjual takjil paling tinggi selama seminggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan jumlah penjual di 2023, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

“Secara keseluruhan, jumlah penjual dan pembeli takjil di Tokopedia masing-masing meningkat hampir 3 kali lipat selama seminggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan rata-rata peningkatan penjual dan pembeli sepanjang 2023,” pungkas Nuraini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)