Badai krisis akibat pandemi Covid-19 juga menerpa industri otomotif, termasuk kategori industri kendaraan niaga. Diakui Duljatmono, Direktur Sales & Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), di awal tahun 2020, penjualan kendaraan niaga masih normal. Namun, memasuki Maret hingga sekarang, industri otomotif harus suffer.
“Sejak Maret hingga Juli 2020, industri kendaraan niaga turun cukup drastis, yakni turun 45%. Sebelumnya, volume penjualan kendaraan niaga mencapai 7.200 unit. Kemudian, menjadi hanya 4.000 unit,” paparnya.
Beratnya meningkatkan volume penjualan di masa pandemi, diakuinya, harus disikapi secara bijak dengan mencari peluang. Termasuk, mempertahankan posisi market leader Fuso di pasar kendaraan niaga. “Tahun 2019, pangsa pasar Fuso di pasar kendaraan niaga mencapai 43,2%. Di tahun ini, pangsa pasar Fuso naik, menjadi 48,8%,” ungkap Duljatmono.
Salah satu peluang yang diambil oleh Fuso adalah dengan menghadirkan Mitsubishi Fuso Official Store di platform marketplace Tokopedia. Peluncuran official store ini berlangsung secara virtual pada hari ini (1/9).
Di Official Store Mitsubishi Fuso, terdapat 22 Dealer Mitsubishi Fuso yang terbagi ke dalam 8 wilayah, yakni Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, JABODETABEK, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali & NTB), Kalimantan, serta Indonesia bagian Timur.
“Kerja sama antara Mitsubishi Fuso dan Tokopedia berawal dari komitmen KTB untuk senantiasa hadir dalam memberikan kemudahan layanan kepada konsumen. Terlebih lagi dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di masa pandemi, mengharuskan kami beradaptasi dengan kebutuhan konsumen untuk melakukan transaksi jarak jauh,” kata Duljatmono tentang alasan Fuso hadir di Tokopedia.
Selain mempermudah akses bagi konsumen, kehadiran Official Store Tokopedia diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada kinerja penjualan Mitsubishi Fuso. “Total penjualan Mitsubishi Fuso selama Januari-Juli 2020 sebesar 13.646 unit dengan perolehan market share yang semakin mendominasi hingga 48,8%,” ucapnya.
Di Tokopedia, KTB menawarkan berbagai program penjualan kepada konsumen selama periode launching, 1-30 September 2020. Antara lain, Cicilan ringan selama 1 tahun melalui leasing Dipo Star Finance, DP Ringan melalui leasing Dipo Star Finance, Bunga cicilan 0% selama 1 tahun melalui leasing Dipo Star Finance, Gratis emas up to Rp 2,5 juta, Gratis paket service up to 60.000 km, Gratis paket spareparts up to Rp 1,5 juta, hingga Tambahan discount flash sale sebesar Rp 2 juta untuk 10 unit pertama saat virtual launching (all variant).
Menurut Duljatmono, KTB juga sudah menyiapkan berbagai informasi seputar kendaraan Fuso yang dijual melalui Tokopedia. Mulai dari virtual gathering, kampanye komunikasi di media sosial, menggelar pertemuan virtual secara personal kepada calon pelanggan, hingga melatih para dealer untuk dapat memasok informasi secara virtual kepada para pelanggan.