MIX MarComm Gelar Penganugerahan Product & Service of The Year 2022

MIX.co.id - Untuk pertama kalinya Majalah MIX MarComm menggelar program “Product & Service of The Year 2022”. Program ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi atau rekognisi kepada merek-merek yang terlah berhasil melakukan inovasi dengan menghadirkan produk atau layanan terbarunya.

“Rekognisi ini diharapkan dapat mendorong dunia usaha untuk terus menciptakan inovasi-inovasi demi memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi konsumen Indonesia. Bagi dunia usaha sendiri, rekognisi ini diharapkan dapat mendorong brand untuk selalu relevan dengan berbagai perubahan. Dan dari sisi makro, inovasi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian melalui penciptakan demand baru,” ungkap Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah MIX MarComm dalam acara awarding “Product & Service of The Year 2022” secara virtual pada Kamis (24/2).

Selama pandemik para pelaku bisnis Indonesia di berbagai industri terus berupaya berinovasi menciptakan produk dan layanan baru agar brand-nya tetap relavan dengan perubahan yang terjadi di pasar. Mayoritas inovasi yang dihadirkan oleh 20 pemenang “Product & Service of The Year 2022” adalah untuk menjawab kebutuhan konsumen di masa pandemik. Namun demikian, ada pula inovasi beyondpandemic untuk menangkap pasar baru atau sebagai upaya revitalisasi merek.

Pemenang “Product & Service of The Year 2022” untuk kategori Pandemic Product Innovation, Es krim Campina, misalnya, menghadirkan inovasi berupa produk es krim dengan kandungan Vitamin C sebesar 90mg. Kandungan tersebut dinilai mencukupi untuk kebutuhan vitamin C harian seseorang, terutama di masa pandemik.

Diterangkan Lis, untuk melihat inovasi yang dilakukan pelaku bisnis di Indonesia selama pandemik dan jelang berakhirnya pandemik, Majalah MIX MarComm meriset secara random sekitar 100 produk dan servis yang diluncurkan ke pasar pada dua tahun terakhir (2020-2021). Riset dilakukan melalui pengumpulan siaran pers tentang peluncuran inovasi produk dan servis tersebut yang diterima Redaksi Majalah MIX MarComm dan SWA.

Entries produk dan servis baru hasil inovasi tersebut dikelompokkan ke dalam empat kategori entries, yaitu Pandemic Product Innovation, Pandemic Service Innovation, Blue Ocean Product Innovation, dan Blue Ocean Service Innovation.

Selanjutnya, inovasi produk dan servis tersebut dievaluasi oleh tiga orang juri berpengalaman di dunia marketing dan branding, yaitu Amalia E. Maulana PhD, Associate Professor di Binus University dan founder Etnomark Consulting; Dr. A. Edhy Aruman, Senior Editor SWA Media Group yang juga aktif menjadi faculty member Ilmu Komunikasi di LSPR Business & Communications Institute dan Universitas Indonesia; dan Simon Jonatan, mantan PresidentDirector PT Bintang Toedjoe, yang saat ini mengelola perusahaan milik sendiri, yaitu media & event organizer Swara Gangsing dan Education Center Culinary Marketing Agency.

“Para juri melakukan evaluasi terhadap masing-masing entries berdasarkan tiga kriteria, yaitu Level of Innovation, Level of Investment, dan Level of Risk. Berdasarkan penilaian para juri tersebut, selanjutnya ditentukan peraih penghargaan PRODUCT & SERVICE OF THE YEAR 2022, di mana dari keempat kategori terpilih masing-masing lima pemenang,” pungkas Lis.

Berikut ini adalah 20 pemenang “Product & Service of The Year 2022”

Kategori: BLUE OCEAN PRODUCT INNOVATION

  1. Indofood CBP Sukses Makmur - Pop Mie Pake Nasi (PaNas)
  2. Kobe Boga Utama - Mi BonCabe
  3. Samsung Electronics Indonesia - Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G
  4. Pigeon Baby - Pigeon Natural Botanical Baby
  5. YOU Indonesia - YOUVIT x ERHA Collagen

Kategori: BLUE OCEAN SERVICE INNOVATION

  1. CGV Indonesia - Bioskop Sultan CGV
  2. Wisanka Indonesia - Wisanka Outdoor Virtual Reality Showroom
  3. Mamikos - Mamikos
  4. Sharp Electronics Indonesia - Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI)
  5. LG Electronics Indonesia - LG HVAC Virtual Experience

Kategori: PANDEMIC PRODUCT INNOVATION

  1. Yoshinoya Indonesia - Yoshinoya Beef & Chicken Pack
  2. Bumi Berkah Boga - Kopi Kenangan RTD Coffee
  3. Campina Ice Cream Industry - Campina Ice Cream dengan Vitamin C 90mg
  4. Samsung Electronics Indonesia - Kulkas Samsung Family Hub
  5. YOU Indonesia - Youvit Omega-3

Kategori: PANDEMIC SERVICE INNOVATION

  1. Shopee Indonesia – ShopeePay
  2. Traveloka - Inovasi Fitur Traveloka
  3. Blue Bird - Bluebird Chat on Delivery (COD)
  4. Bank Nobu - Nobu Drive Thru
  5. Pertamina (Persero) - Pertamina Delivery Service. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)