Menurut data dari BPS kota Surabaya, kota tersebut memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang cepat, yakni sekitar 7.34% sehingga menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakatnya seperti timbulnya demand yang tinggi pada layanan internet dan pay TV. Maka sebagai upaya ekspansi ke pasar yang potensial ini, MNC Group menggelar grand launching MNC Play Media pada Selasa (17/2) bertempat di Hotel Shangri-La Surabaya. Acara bertajuk The Future is Here Now ini dihadiri langsung oleh CEO MNC Group Hary Tanoe Soedibjo.
“Pemilihan kota Surabaya ini tidak luput dari komitmen MNC Play Media untuk menghadirkan teknologi terkini dan konten yang berkualitas tidak hanya di Ibukota Jakarta saja, tetapi juga di seluruh Indonesia untuk ikut menunjang pemerataan ekonomi nasional,” ungkapnya.
Diungkapkan Ade Tjandra, Direktur Komersial Play Media, ini merupakan langkah serius MNC dalam ekspansi pasar di Surabaya yang sangat potensial. "MNC sangat serius terjun ke industri broadband dengan salah satu layanannya IPTV. Saat ini pemain yang terjun ke industri ini yang melakukan penetrasi sampai dibeberapa kota di Indonesia belum ada, mereka pada umumnya fokus di Jabodetabek,” paparnya.
Lanjutnya, saat ini MNC Play Media telah hadir di 3 kota: Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Di Surabaya itu sendiri, saat ini layanan MNC Play tersebut mampu menjangkau area Ngagel, Manyar, Nirwana, dan beberapa daerah Surabaya Timur lainnya. “Dalam waktu dekat, MNC juga akan ekspansi ke kota Malang, Bandung, dan Medan. Target kami menjangkau 11 kota besar dan minimal 1,5 juta home pass sebelum akhir tahun 2016. MNC Play menghadirkan infrastruktur terkini melalui teknologi Fiber To The Home (FTTH),” paparnya.
Selain itu, menurut Ade, kehadiran MNC Play Media di luar Jabodetabek diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam memperluas jaringan internet pita lebar hingga 71% rumah tangga diperkotaan atau 30% dari populasi nasional pada tahun 2019.