Moduit Ramaikan Pasar Investasi Online

Di Indonesia, literasi tentang investasi seperti pasar modal masih tercatat rendah. Baru 1% orang Indonesia yang telah “melek” tentang invstasi pasar modal. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang tingkat literasinya sudah mencapai 54%.

Dikatakan Jeffry Lomanto, CEO dan Founder Moduit, rendahnya literasi investasi di Indoensia disebabkan dua kendala. Pertama, keterbatasan jangkauan edukasi tentang investasi. Kedua, keterbatasan akses atas produk atau layanan tentang investasi.

Sementara itu, infrastruktur teknologi dan internet di Indonesia terus bertumbuh. Penetrasi internet di Tanah Air misalnya, sudah mencapai lebih dari 130 juta, di mana rata-rata per hari konsumsi internet mencapai 9 jam. “Meskipun konsumsi mayoritas masih di media sosial, namun hal ini dapat menjadi kanal komunikasi untuk menumbuhkan tingkat literasi investasi,” yakinnya.

Oleh karena itu, mengusung visi untuk menjadi gateway yang mampu memberikan akses ke masyarakat luas agar berinvestasi dengan aman dan nyaman, platform aplikasi investasi Moduit diluncurkan. “Aplikasi ini sudah kami hadirkan sejak November 2018 lalu. Sudah lebih dari 1.200 user yang telah men-download dan menggunakan platform aplikasi Moduit. Mayoritas dari mereka adalah millennials hingga generasi X, usia 20 hingga 40 tahun, di mana rata-rata investasinya sudah mencapai Rp 30 juta,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Moduit menyediakan platform investasi yang mengutamakan user experience, mulai dari proses perencanaan, eksekusi investasi, hingga pemantauan perkembangan keuangan nasabah yang mudah diakses. Saat ini, sudah terdapat 42 produk Reksa Dana, termasuk 9 produk Syariah, yang tersedia di Moduit.

“Moduit memiliki fitur andalan seperti Rencana Keuangan (Goal Setting) dimana para nasabah yang belum fasih dengan Reksa Dana dapat menentukan tujuan keuangannya, mendapat rekomendasi komposisi kelas aset, dan menentukan produk Reksa Dana sesuai dengan alokasi kelas aset tersebut. Moduit juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ia memaparkan.

Keunggulan lain dari Moduit, tandas Jeffry, para investor tidak perlu khawatir tentang privasi investor. “Semua account investor di aplikasi ini ter-protect dengan sangat aman dan tidak bisa dibobol oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Aplikasi Moduit sudah tersedia di Google Play Store dan App Store dan juga bisa diakses melalui browser,” ucapnya.

Menyadari perlunya membangun brand awareness sekaligus edukasi market tentang pentingnya berinvstasi, salah satunya investasi melalui platform aplikasi online yang aman dan nyaman, maka Moduit siap menggelar berbagai program edukasi. Di antaranya, edukasi melalui media melalui press conference, hingga edukasi dengan menggelar event offline maupun live streaming. “Dalam menggelar edukasi ini, kami melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti financial planner serta penasehat reksadana,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)