News Trend

MuslimahCenter.com Incar Segmen Muslim dan UKM

Studi tentang Indeks Wisata Muslim Global yang digelar Mastercard-CrescentRating 2017 menunjukkan bahwa Indonesia berhasil menempati posisi ketiga sebagai tujuan utama untuk pasar wisata muslim yang nilainya diperkirakan menyentuh US$ 220 miliar pada tahun 2020 mendatang. Itu artinya, Indonesia naik satu peringkat dibandingkan tahun sebelumnya. Indeks tersebut mencakup 130 destinasi wisata di dunia.

Seksinya segmen muslim tak hanya menyentuh sektor pariwisata. Di Indonesia, segmen muslim juga dinilai seksi dari sektor fesyen. Merujuk data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, pada tahun 2016 lalu, dari 750 ribu industri kecil dan menengah sandang yang ada di Tanah Air, 30%-nya berasal dari industri fesyen muslim. Parameter lain bahwa segmen muslim makin seksi adalah kian tumbu-suburnya komunitas hijabers di Indonesia.

Tak mengherankan, jika segmen muslim menjadi pasar yang paling diincar oleh para pengelola merek, baik lokal maupun multinasional. Sebut saja, para pengelola merek fesyen, e-Commerce, hingga Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Bahkan, tak sedikit dari mereka meluncurkan produk khusus yang menyasar segmen muslim.

Peluang itu tak dilewatkan oleh salah satu e-Commerce di Indonesia, MuslimahCenter.com. Dijelaskan Djaka, Head of Business Development MuslimahCenter.com, kaum wanita—termasuk wanita muslim—menganggap bahwa penampilan merupakan hal penting yang harus diperhatikan guna menunjang aktivitas sehari-hari.

“Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dan perubahan gaya hidup konsumen, khususnya perilaku berbelanja mereka, kini masyarakat banyak yang memilih untuk berbelanja online, baik lewat website jual-beli atau e-Commerce atau media sosial. Objektif mereka adalah untuk menghemat waktu dan biaya,” paparnya.

Berangkat dari fenomena itu, maka MuslimahCenter.com resmi menggelar soft laucnhing pada Februari tahun ini. MuslimahCenter.com adalah salah satu platform yang dapat menjadi pilih segmen muslim untuk berbelanja online secara mudah. “MuslimahCenter.com adalah sebuah e-Commerce yang hadir untuk memenuhi kebutuhan wanita, khususnya muslimah, dalam berbelanja busana maupun produk kecantikan,” tegas Djaka.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa MuslimahCenter.com menyediakan beragam produk yang dibutuhkan segmen muslimah, seperti hijab, gamis, alat sholat, atasan, bawahan, sepatu, tas, aksesoris, hingga produk kecantikan. “Dari sekitar 300 SKU yang hadir di MuslimahCenter.com, kami juga menjangkau segmen wanita non-muslim, dimana mereka dapat berbelanja di MuslimahCenter.com,” ujar Djaka.

MuslimahCenter.com juga mengedepankan harga yang lebih terjangkau serta kualitas layanan sebagai nilai tambahnya. Ia mencontohkan, pembelian di MuslimahCenter.com dapat dilakukan lewat telepon, chat, atau media sosial Muslimah Center.

Pasca soft launching pada Februari 2017 lalu, diyakini Djaka, MuslimahCenter.com telah memperoleh apresiasi yang cukup bagus dari kustomer maupun pemilik merek selaku mitra yang diajak kerja sama. “Melalui sistem kerja sama konsinyasi, pemilik merek dapat menitipkan produk mereka untuk dijual di MuslimahCenter.com. Saat ini, sudah lebih dari 30 merek yang bergabung di website Muslimah Center. Sebagai merchant yang juga pemilik merek, mereka terbantu dalam hal layanan kepada kustomer. Mulai dari penyimpanan barang, pengiriman, promosi, hingga pelayanan kepada kustomer,” urainya.

Sejatinya, dengan semua aktivitas terkait kustomer ditangani langsung oleh tim MuslimahCenter.com, maka para pengelola merek yang merupakan partnet MuslimahCenter.com dapat lebih fokus pada pengembangna produk maupun merek. “Mereka tak perlu repot lagi dengan urusan jual-beli,” yakin Djaka.

Added value lainnya yang ditawarkan MuslimahCenter.com adalah dukungan manajemen MuslimahCenter.com dalam membantu merchat untuk mengembangkan produk mereka, khususnya kepada para pelaku bisnis skala Usaha Kecil Menengah (UKM) yang masih awam maupun anyar. “Misalnya, kami memberikan pelatihan kepada mereka tentang tren busana, pemilihan bahan, hingga cara menentukan harga jual yang proposional. Dengan demikian, mereka dapat bersaing dengan produk-produk terkenal lainnya,” ia menjelaskan.

Ke depannya, ia berharap, MuslimahCenter.com tak hanya sebagai platform jual-beli online. Namun, MuslimahCenter.com juga akan menyediakan sebuah platform yang dapat digunakan segmen muslimah dan komunitas UKM untuk berbagi tips maupun bersosialisasi satu sama lainnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Generos Hadirkan Suplemen Anak yang Telah Teruji Lab

MIX.co.id - Mikroba patogen bisa saja ada pada bahan makanan atau minuman yang disajikan. Oleh…

11 hours ago

Gandeng Suryanesia, Sasa Resmikan Instalasi PLTS Atap di Pabrik Probolinggo

MIX.co.id - Perusahaan makanan dan bumbu masak di Indonesia, PT Sasa Inti, meresmikan instalasi Pembangkit…

11 hours ago

HUT ke-44, Dekranas akan Hadirkan Pameran Produk UMKM dan Kirab Budaya

MIX.co.id - Tahun ini, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) akan memasuki usia 44 tahun. Rencananya,…

12 hours ago

Berlaku Sejak 7 Mei 2024, Biaya Pengisian di SPKLU Utomo Charge+ Rp57 Ribu

MIX.co.id – Utomo Charge+, penyedia solusi sistem pengisian daya kendaraan listrik (electric vehicles), menerapkan biaya…

13 hours ago

Dukung Kelestarian Lingkungan, Bernhard Mayer Luncurkan OMNI Watch

MIX.co.id - Bernhard H. Mayer®, merek jam tangan mewah dari QNET, meluncurkan OMNI Watch yang…

14 hours ago

Manulife Resmikan Kantor Pemasaran Billion Agency di Tebet

MIX.co.id – Manulife Indonesia, penyedia layanan proteksi jiwa, kesehatan, investasi dan korporasi, makin agresif menggarap…

14 hours ago