Natal 2018, Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 74,2%

Momentum hari raya besar selalu berdampak signifikan terhadap trafik data. Tanpa terkecuali, Hari Raya Natal. Indosat Ooredoo mencatat trafik data pads saat Natal tahun ini meningkat 12,9% dibandingkan hari biasa. Bahkan, dibandingkan Natal tahun lalu, peningkatannya jauh lebih tinggi, yakni 74,2%. Total penggunaan data pada saat Natal 2018 mencapai 6.824 TeraBytes. Sebaliknya, trafik suara mengalami penurunan sebesar 14,86% dibandingkan trafik hari biasa. Adapun trafik SMS, naik sebesar 8,4% dibandingkan dengan trafik SMS hari biasa.

Dijelaskan Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, “Kami berkomitmen untuk tetap memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan layanan kami, khususnya pada masa-masa padat trafik telekomunikasi seperti perayaan Natal 2018 ini."

Langkah itu, menurut Turina, tak lepas dari upaya Indosat Ooredoo dalam menyiapkan kapasitas jaringan, mengantisipasi kenaikan aktivitas komunikasi masyarakat, terutama dalam menggunakan layanan data. "Kami akan terus memastikan keandalan kualitas layanan kami untuk mendukung aktivitas masyarakat di akhir tahun ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara, dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik yang biasa terjadi. "Untuk kapasitas layanan data, kami tingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Sebab, layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya," terang Turina.

Sementara itu, untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari) serta kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari. "Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)