Research

Nielsen Luncurkan Digital Ad Rating

Setelah meluncurkan Digital Advertising Measurement Solution, hari ini untuk pertama kalinya di kawasan ASEAN, Nielsen merilis Digital Ad Ratings (DAR) yang akan mencakup pengukuran untuk kampanye brand via mobile advertising. Menurut Steve Hasker, Chief Operating Officer Nielsen, DAR ini akan mengukur hasil kampanye brand via media digital secara harian, mengukur jangkauan kampanye, frekuensi, dan efektivitasnya dibandingkan kampanye via TV Commercial.

Digital Ad Rating Nielsen

Namun demikian, menurut Hellen Katherina, Executive Director Media Business Nielsen Indonesia, tidak seperti TV Measurement yang dilakukan Nielsen secara sindikasi, DAR Nielsen dilakukan ad hoc base alias sesuai permintaan brand. “Jadi ini campaign by campaign,” katanya menjawab pertanyaan dalam jumpa pers setelah launching DAR dalam forum Nielsen Marketing and Media Summit 2016.

Menurut Steve Hasker, Nielsen memilih Indonesia sebagai negara pertama untuk memperkenalkan DAR di kawasan ASEAN karena lebih dari 50% rakyat Indonesia digital savvy. Para pengiklan pun, katanya, mengalokasikan dana untuk placement iklan di media digital yang terus meningkat. Digital Ad Spending di Indonesia, lanjutnya, setiap tahun tumbuh rata-rata 77,8%. Padahal, di Amerika Serikat rata-rata pertumbuhannya hanya 15,8%!

Digital Ad Rating Nielsen

Hasker juga menegaskan bahwa selama ini Nielsen memiliki misi untuk melakukan pengukuran Total Audience for Content and Ads. “Jadi kami mengukur Reach, Resonance, dan Reaction dari sebuah kampanye digital. Seberapa banyak audience yang dijangkau (Reach), bagaimana kampanye itu mengubah attitude (Resonance), dan bagaimana hal itu mengubah perilaku (Reaction).”

Pada jumpa pers tersebut, Hellen menambahkan bahwa pertumbuhan budget untuk digital ad dalam dua hingga tiga tahun terakhir ini sangat dramatis. Kalau pada 2013 ad spending untuk digital baru sekitar 12%, maka pada 2015 ad spending tersebut sudah mencapai 30% dari total ad spending.

Lis Hendriani

Recent Posts

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

57 mins ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

3 hours ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

5 hours ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

11 hours ago

Intip Keberhasilan EF Kids & Teens Jalankan Program Pelatihan Bahasa Inggris di Daerah Wisata

MIX.co.id - EF Kids & Teens Indonesia baru saja merampungkan progam Pelatihan Bahasa Inggris untuk…

12 hours ago

Kolaborasi Jadi Kunci Kepengurusan Perbasi Periode 2022-2026 dalam Mengukir Prestasi

MIX.co.id - Sejak dilantik, masa kepengurusan Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) Jakarta periode 2022-2026,…

15 hours ago