Tahun 2015 lalu, kinerja Nikon Indonesia masih menunjukkan angka yang positif. Selain sanggup memperoleh market share 35% di pasar kamera nasional, penjualan Nikon Indonesia juga mampu tumbuh 10-15% di tahun lalu. Diakui Larry Handra, Marketing Manager Nikon, kontribusi terbesar masih dari kamera profesional (DSLR) Nikon.
Tak tanggung-tanggung, Nikon sudah menyiapkan empat produk barunya guna mencapai pertumbuhan 25% pada akhir tahun 2016 ini. Keempat produk itu adalah Nikon D5, Nikon 1 J5, Nikon D500, dan Nikon Premium Compaq. "Untuk Nikon D5 dan Nikon 1 J5, kami luncurkan hari ini (19/4). Keduanya dibandrol dengan harga Rp 80 juta dan Rp 5 juta," tegasnya.
Lebih lanjut ia menerangkan, jika Nikon D5 menyasar segmen profesional, maka untuk Nikon 1 J5, segmen yang disasar adalah para pemula serta mereka yang ingin memiliki second camera.
Sejumlah fitur unggulan dibenamkan pada Nikon 1 J5. Antara lain, Nikon 1 J5 memiliki layar 3 inchi yang dapat diputar 180 derajat, sehingga dapat digunakan untuk mengambil gambar dari berbagai angle atau memudahkan untuk selfie. Selain itu, Nikon 1 J5 juga hadir dengan format video 4K, yang mampu menghasilkan pengambilan video dengan kecepatan tinggi dan kualitas standard profesional.
"Nikon 1 J5 menyasar anak-anak muda yang mulai menyukai fotografi. Kehadiran Nikon 1 J5 juga untuk mendongkrak segmen kamera mirrorless. Sebab, di pasar kamera mirrorless, pangsa pasar Nikon baru 15%. Dengan kehadiran Nikon 1 J5, kami berharap pangsa pasar kami di pasar kamera mirrorless mencapai 25%," patok Larry, yang menyebutkan bahwa pangsa pasar Nikon di pasar DSLR masih memimpin di angka 42%.
Demi mencapai target tersebut, dituturkan Larry, Nikon menggelar kampanye bertajuk #SahabatJ5. Kampanye tersebut menyasar komunitas dan para pengguna Nikon 1 maupun Nikon 1 J5. "Kami mengajak mereka untuk memposting hasil jepretan mereka di Instagram dengan me-mention @nikonteamofficial serta @sahabatj5," imbuhnya.
Selain itu, kata Larry, melalui kampanye #SahabatJ5, Nikon ingin membentuk komunitas mirrorleass kamera Nikon. Caranya, menggelar monthly competition dan weekly theme challange yang mampu meningkatkan kreativitas pengguna mirrorless dan juga belajar fotografi dari sosial media.