MIX.co.id – Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi, terus berinovasi untuk membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menguasai pasar lokal hingga menjangkau internasional (go global). Salah satu inovasi tersebut adalah dengan menghadirkan creative hub Ninja Studio yang berlokasi di Pejaten, Jakarta Selatan.
Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengatakan, hadirnya Ninja Studio memberikan peluang bagi UKM untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, hingga memperluas jaringan bisnis mereka.
Ninja Studio menjadi tempat bagi komunitas UKM untuk berbagai kegiatan bisnis. Di sini mereka dapat menggunakan layanan foto dan video produk secara gratis atau mengadakan kegiatan edukasi terkait bisnis yang mereka jalankan.
Program-program pembelajaran yang dilakukan di Ninja Studio didesain untuk membantu UKM menguasai pasar lokal hingga internasional, sehingga UKM dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.
Selama bulan Agustus 2023, sudah ada lebih dari 20 kegiatan komunitas di Ninja Studio dan dihadiri lebih dari 300 UKM. Para UKM akan mendapat wawasan dan keahlian (skill) dari mentor para pakar dan praktisi di berbagai bidang bisnis, untuk kemudian diterapkan pada bisnis mereka.
Program pembelajaran yang bisa didapatkan seperti Tiktok Bisnis Dynamite dari Sekolah Pebisnis dan Customer Experience Discuss on dari Pancake Indonesia.
Yosef Abas, Founder Sekolah pebisnis menyampaikan, melalui pelatihan di Ninja Studio yang berfokus pada peningkatan ketrampilan bisnis, UKM akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing secara global, tidak hanya pasar lokal. “Dengan demikian, akan muncul lebih banyak UKM yang sukses dalam menghadapi tantangan pasar internasional,” tegas Yosef dalam acara konferensi pers yang digelar di Ninja Studio, Rabu (20/9).
Untuk membantu UKM naik kelas dengan menjangkau pasar global, Ninja Xpress memiliki layanan International Deliveries khususnya tujuan Singapura dan Malaysia secara end-to-end, mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas Cash On Delivery (COD) lintas negara.
Tidak hanya itu. Ninja Xpress memfasilitasi UKM menjual produknya di luar negeri melalui Mallindo.com, platform e-commerce yang fokus pada penjualan produk-produk Indonesia di Malaysia. Mallindo sendiri merupakan bagian dari ekosistem International Deliveries yang dikelola Ninja Xpress. Mallindo dapat mengakomodir berbagai kategori produk, mulai dari makanan, fashion, aksesoris, dan kategori produk lainnya.
Dengan adanya Mallindo, UKM di Indonesia memiliki akses yang lebih luas dan mudah untuk menjangkau pasar Malaysia. “Adanya layanan International Deliveries dan fasilitas untuk menjual produk di Mallindo maka akan semakin memudahkan UKM naik kelas dan melakukan ekspansi bisnis mereka ke luar negeri,” tandas Titan Sabtian, Pengelola Mallindo sekaligus Coach Ekspor Certified BNSP Sekolah Bisnis. ()