Nodeflux Kenalkan Platform VisionAIre KYC untuk Dukung Perbankan

Nodeflux memperkenalkan platform terbaru VisionAIre Know-Your-Customer (KYC) untuk meningkatkan otomasi verifikasi perbankan di Indonesia.

Platform terbaru itu dikenalkan kepada media dalam acara Nodeflux Road to Accelerate “Tren Pemanfaatan Face Recognition pada Industri Keuangan” bertempat di kantor Nodeflux, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (10/10).

Richard Dharmadi, Group Product Manager Nodeflux, memaparkan bagaimana teknologi vision AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan terus berevolusi untuk optimalkan keamanan dan transaksi perbankan digital di Indonesia.

Menurut riset dari Ernst & Young, proses otomasi verifikasi data atau Electronic Know-Your-Customer (e-KYC) mampu menjawab tantangan utama perbankan, yakni akurasi data dan efisiensi waktu. Dalam e-KYC, nasabah hanya perlu memindai dokumen pengenal dan foto untuk memverifikasi keabsahannya secara otomatis sehingga memangkas proses verifikasi data yang tadinya 18 menit menjadi 1 menit.

Dijelaskan Richard, Nodeflux menghadirkan Vision AI dengan kemampuan analitik Face Recognition untuk melakukan verifikasi data e-KYC dan sistem otentikasi pelanggan secara akurat. Penggunaan VisionAIre KYC mencakup pemindaian seluruh dokumen nasabah, dan mampu memangkas waktu yang biasanya memakan waktu berhari-hari dalam proses verifikasi.

Untuk pengelolaan dan verifikasi data tersebut, terdapat proses integrasi dengan database instansi terkait yang terjamin kerahasiaannya,” imbuhnya.

Sebagai perusahaan Vision AI pertama di Indonesia, teknologi Face Recognition Nodeflux telah mendapatkan pengakuan global. Bersaing dengan lebih dari 90 perusahaan teknologi AI terkemuka di dunia, termasuk Cina dan Rusia, teknologi Nodeflux meraih peringkat ke-25 untuk Face Recognition Vendor Test (FRVT) dari National Institute of Standards and Technology (NIST)

Sementara Ivan Tigana, Chief Commercial Officer Nodeflux, menjelaskan model AI yang dikembangkan tersebut mampu meminimalisir campur tangan manusia dengan melatih teknologi analitik Face Recognition melalui biometrik wajah untuk memberikan akurasi yang tepat antara foto di identitas diri dengan swafoto nasabah, sehingga dapat meningkatkan keamanan dan juga mengurangi terjadinya fraud.

Diakui, pihaknya terus giat kolaborasi dengan institusi pemerintahan dan lembaga riset pengembangan AI. “Kerja sama ini penting untuk mendukung uji coba berkelanjutan Nodeflux demi meningkatkan teknologi mutakhir untuk sukseskan Indonesia masuki era industri 4.0,” tandas Ivan. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)