Otoklix: Tips Jitu Merawat Mesin Mobil Secara Berkala

Merawat mesin mobil secara berkala tidak lain demi mempertahankan performa kendaraan sehingga awet, performa tetap optimal, dan bernilai tinggi.. Kunjungi www.otoklix.com dan Anda akan menemukan platform yang berfokus pada automotive aftermarket domain. Meski hanya sebagai platform bengkel umum, namun Otoklix dapat diandalkan untuk perawatan bahkan perbaikan mobil.

Layanan perawatan mobil via Otoklix meliputi servis berkala, ganti oli, ban, rem, hingga cuci mobil. Bermitra dengan lebih dari 2000 lebih bengkel umum pilihan se-Jabodetabek, membuktikan bahwa platform ini menawarkan pelayanan yang tidak kalah bagus dari bengkel resmi pada umumnya.

Cara Merawat Mesin Mobil Secara Berkala yang Wajib Anda Lakukan Sendiri

Memiliki kendaraan yang awet dalam jangka waktu lama adalah impian setiap pemiliknya. Oleh karena itu, diperlukan perawatan rutin, baik dilakukan secara pribadi maupun ke bengkel otomotif terpercaya. Lalu, bagaimana cara merawat mobil secara mandiri di rumah agar mobil kesayangan dalam keadaan baik? Simak panduannya berikut ini.

Cek Kondisi Aki

Pada kendaraan, aki merupakan komponen vital. Fungsi utama aki adalah sebagai penyuplai daya listrik untuk komponen-komponen mobil lainnya. Lantas apa yang akan terjadi jika aki mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jawabannya sudah pasti akan berpengaruh pada kenyamanan para penumpangnya.

Umumnya, kinerja aki mobil dapat diandalkan dalam kurun waktu 2-5 tahun. Salah satu faktor penting yang berpengaruh pada waktu pemakaian aki adalah cuaca.

Bagi kendaraan, aki adalah jantung yang memberikan kehidupan. Supaya aki berfungsi sebagaimana mestinya, pemilik kendaraan perlu melakukan pengecekan yakni memastikan volume aki cukup dan sesuai dengan level yang sesuai standar pabrikan.

Selain itu, cek kondisi aki dengan menggunakan voltmeter untuk melihat kondisi tegangannya. Tips aman melakukan pengecekan aki menggunakan voltmeter adalah membawa kendaraan ke bengkel mobil terdekat. 

Rutin Melakukan Servis (Tune Up)

Merawat mesin mobil secara berkala di rumah belum cukup menjamin performa mobil dalam kondisi baik. Setidaknya, lakukan servis rutin dengan mengunjungi bengkel yang terpercaya.

Terlebih jika kendaraan sering digunakan, maka langkah membawanya ke mekanik andalan bertujuan sebagai peremajaan agar kondisi mesin selalu optimal. Bila dijumpai ada masalah, segera konsultasikan ke mekanik untuk mendapatkan penanganan tepat sehingga kondisi mobil kembali prima.

Gunakan Otoklix untuk memperoleh kemudahan layanan konsultasi dengan mekanik handal. Selain itu, platform ini juga menawarkan biaya servis lebih murah.

Rutin Memanaskan Mobil 

Merawat mesin mobil secara berkala dengan cara memanaskan mesin mobil sebelum digunakan, akan memberikan banyak manfaat. Manfaat paling esensi adalah untuk meratakan sebaran pelumas yang berfungsi melapisi komponen-komponen mobil yang saling bergesekan.

Memanaskan mobil juga harus sesuai dengan pemakaian. Bila jarang dipakai, maka dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk memanaskannya.

Jadi, usahakan hingga suhu mesin benar-benar panas atau jarum indikator yang terletak di panel dashboard menunjukkan bahwa mesin sudah panas. Langkah amannya adalah tetap memanasi mobil walaupun tidak akan digunakan. Lain halnya jika sering digunakan, maka durasi pemanasan mesin bisa lebih cepat.

Pilih Bahan Bakar dengan Teknologi DYNAFLEX 

Bahan bakar yang baik tidak hanya bisa diandalkan untuk membersihkan dan melindungi mesin saja. Lebih daripada itu, bahan bakar juga harus dapat diandalkan untuk meningkatkan performa mesin lebih optimal.

Bahan bakar dengan teknologi DYNAFLEX sudah terbukti mengandung 3X molekul pembersih lebih banyak sehingga mampu diandalkan untuk membersihkan endapan dan meminimalisir terjadinya gesekan hingga 80 %.

Kondisi yang sedemikian akan membuat performa mobil lebih optimal. Teknologi DYNAFLEX juga akan mengurangi gesekan antara piston dan dinding silinder sehingga efektif dalam hal perawatan mesin kendaraan, termasuk memacu performa kendaraan berjalan dengan mulus.

Hanya Gunakan Cairan Coolant atau Air Radiator untuk Mengisi Radiator

Ternyata, menghindari mesin mobil overheat sangatlah mudah yakni cukup memastikan air radiator selalu terisi dan jangan sampai kehabisan. Merawat mesin mobil secara berkala adalah dengan melakukan pengecekan air radiator.

Air radiator berfungsi sebagai pendingin mesin saat bekerja. Usahakan Anda menggunakan cairan radiator atau coolant yang recommended. Cairan ini mengandung senyawa kimia anti rust yang bisa diandalkan untuk menjaga ruang radiator tetap bersih dan awet. Lakukan juga pengecekan jenis cairan yang dibutuhkan mobil seperti power steering dan rem.

Rutin Ganti Oli 

Merawat mesin mobil secara berkala juga bisa dengan cara mengganti oli mobil dan filter sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Sama halnya dengan aki, oli mobil juga merupakan komponen yang tak kalah penting. Selain mengurangi gesekan antar komponen, oli juga berfungsi sebagai pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga anti karat dalam mesin.

Oli yang bekerja secara terus menerus akan terpapar oleh udara dan panas sehingga berakibat memangkas daya pakainya. Mengingat peran penting oli, tidak ada salahnya jika Anda selaku pemilik mobil melakukan pengecekan ganti oli mesin secara berkala.

Penggantian oli berdasarkan masa pakai atau jarak yang telah ditempuh dalam satuan kilometer, bukanlah patokan utama meskipun hal tersebut memang sesuai dengan anjuran pabrikan. Penggantian oli mobil lebih tepat lagi bila disesuaikan dengan jarak tempuh mobil per bulan dan suhu udara jalanan yang ditempuh.

Meski membersihkan bodi mobil bukan termasuk cara merawat mesin mobil secara berkala, namun tetap harus Anda lakukan. Hal ini untuk menghindari karat. Poin terpenting untuk merawat mobil adalah serahkan pada ahlinya. Sesekali tidak ada salahnya mempercayakan perawatan mobil kesayangan ke bengkel umum yang tergabung dalam platform Otoklix, dan dapatkan manfaatnya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)