Dalam rangka penyelenggaraan pameran otomotif terbesar di Indonesia yang bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pihak penyelenggara PT Indonesia International Expo Danny Budhiarto menyatakan kesiapannya mulai dari infrastruktur hingga transportasi menuju venue yang sudah mencapai 95 persen. GIIAS akan dihelat pada 20-30 Agustus 2015 di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangerang Selatan, Banten.
Persiapan menuju event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) telah mencapai 95 persen.
Dikatakan Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Service Sinar Mas Land, “Luasnya mencapai 22 hektare land area. ICE sendiri memiliki 10 exhibition halls seluas 50 ribu meter persegi. Untuk lahan parkir dapat menampung 12 ribu kendaraan dengan parking spaces 7.000 mobil dan 5.000 motor,” ujarnya saat konferensi pers, Selasa (5/5/2015).
Menurut Ishak, secara fisik bangunan sudah siap. Lokasi ICE sendiri cukup untuk menampung 32 peserta dari agen pemegang merek (APM) anggota Gaikindo. Ragam jenis kendaraan mulai sedan, MPV, SUV, pikap, bus, hingga truk akan dipamerkan di area tertutup, tidak di luar. “Targetnya akhir Mei sudah selesai semua. Paling tinggal hotelnya, diharapkan sudah siap Agustus,” sebut Ishak.
Sementara itu, Ketua Penyelenggara GIIAS 2015 Johnny Darmawan menyebutkan, terkait transportasi pihaknya akan menjamin kenyamanan sistem transportasi massal dari dan menuju ke ICE pada hari pelaksanaan pameran. “Ada 19 mal yang berlokasi di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok, seperti FX Mall, Plaza Indonesia, Mall Taman Anggrek, Central Park Mall, Mall Kelapa Gading, Gandaria City, Pondok Indah Mall dan lainnya.
“Tujuan pengadaan belasan titik lokasi shuttle bus ini dimaksudkan agar pengunjung diharapkan tidak lagi membawa kendaraan pribadi menuju pameran GIIAS 2015, tapi dapat menggunakan sarana umum yang sudah disiapkan dengan lebih nyaman,” lanjut Johnny.
Berbagai fasilitas yang dipersiapkan panitia GIIAS 2015, dimaksudkan untuk memberikan akses mudah menuju tempat penyelenggaraan GIIAS 2015 dari segala arah dan sebaliknya, “Dengan semua fasilitas yang dipersiapkan panitia, perjalanan menuju lokasi penyelenggaraan GIIAS 2015 akan dapat dapat ditempuh dengan nyaman dan dalam waktu jauh lebih cepat,” tutup Johnny.
GIIAS 2015 akan diikuti setidaknya oleh 30 brand kendaraan penumpang dan komersial, di antaranya Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, Mercedes Benz, BMW, Mitsubishi Fuso, Hino, dan lainnya. Sementara penyelenggara IIMS sejauh ini belum merilis peserta pameran. Sementara itu IIMS belum resmi merilis jumlah brand yang akan mengikuti pameran.
Saat ditanya mengenai jadwal penyelenggaraan event di waktu yang sama (20 – 30 Agustus 2015) yakni IIMS di tahun 2015, Johnny menuturkan bahwa pihaknya menghormati event yang sebelumnya berlangsung sehingga dari tempat penyelenggaraan pun GIIAS menempati tempat yang berbeda dengan IIMS. Jika GIIAS dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, maka IIMS tetap digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. “Namun kami juga melihat kebutuhan akan kendaraan terus meningkat dan ini sepenuhnya dikembalikan kepada konsumen mereka yang akan menentukan,” tegas Johnny.
Johnny menjelaskan, bahwa hak cipta nama “IIMS” sudah dimiliki oleh Dyandra sehingga pihaknya mencari nama lain dan diputuskan menggunakan GIIAS dengan memasukkan kata Gaikindo di dalamnya. Hal tersebut untuk memperjelas bahwa event ini resmi diadakan oleh asosiasi industri kendaraan bermotor terbesar di Indonesia itu.
Selain itu, ada perubahan lain yakni kata "Motor" diganti menjadi "Auto". EO yang digandeng Gaikindo menggelar GIIAS, 7 Events, menjelaskan, kata "Auto" dipilih karena maknanya lebih spesifik ketimbang menggunakan kata “Motor”.Selain itu, kata Auto juga lazim digunakan dalam ajang pameran automotif besar dunia.
Dibeberkan 7 Events, pameran automotif terbesar di Amerika Utara yang digelar di Detroit menggunakan kata Auto, yakni North America International Auto Show. Hal yang sama digunakan dalam pameran automotif di Chicago dan Toronto, Kanada. Di Eropa, kata Auto juga digunakan di pameran di antaranya Frankfurt dan Moskow Auto Saloon. Di Asia, kata Auto juga digunakan untuk pameran di Beijing dan Shanghai. *