MIX.co.id - Merayakan kehadiran 29 tahun di Indonesia, pameran dagang internasional untuk industri perhotelan, makanan, dan minuman, Food & Hotel Indonesia (FHI), kembali digelar. Tahun ini, pameran telah memasuki edisi ke-18, dengan menawarkan pengalaman yang lebih berdampak bagi para pelaku industri nasional. FHI 2024 akan berlangsung bersama dengan Hotelex Indonesia, Finefood Indonesia, dan Retail Indonesia pada 23-26 Juli 2024 mendatang di Jakarta International Expo (JiExpo), Kemayoran.
Dituturkan Portfolio Director Pamerindo Juanita Soerakoesoemah, saat ini, FHI berubah menjadi Food & Hospitality Indonesia. Perubahan ini sekaligus menandakan komitmen baru untuk semakin mendorong koneksi dan kemajuan industri pada sektor-sektor food & hospitality di Indonesia.
"Transformasi Food & Hospitality Indonesia (FHI) ini makin menandakan komitmen yang telah diperbaharui. Transformasi ini diharapkan bisa terus meningkatkan perkembangan bisnis pada sektor perhotelan, makanan, dan minuman ke tingkat yang lebih tinggi dan terus menjadi penunjuk arah keunggulan industri, mendorong koneksi dan kemajuan di sektor-sektor tersebut,” urai Juanita.
FHI 2024 sebagai pameran dagang internasional perhotelan, makanan dan minuman yang paling komperhensif di Indonesia telah dipercaya menjadi acara dagang terbesar dan terdepan selama hampir tiga dekade.
Dengan menyediakan pintu gerbang unik bagi perusahaan Internasional untuk mengakses pasar Indonesia yang sudah berkembang sangat pesat, FHI memfasilitasi koneksi bisnis dengan lebih dari 450 perusahaan dari 20 negara dan 7 country pavilions dari Amerika Serikat, India, Jerman, Korea Selatan, dan Thailand.
Tahun ini, tercatat terdapat lebih dari 1.000 merek dagang yang mengikuti FHI 2024 di antaranya Nayati, Indo Porcelain, Kerry Ingredients, Senfienta, Anugrah Indo Mandiri, JAPFA, Royal Sutan Agung, Atosa Indonesia, Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS), Pulau Rempah Indonesia, dan masih banyak lagi.
Para pengunjung FHI 2024 juga akan terus mendapatkan kesempatan untuk belajar dari para pemain terbaik dalam industri, sambil menjalin jaringan bisnis dengan para profesional unggulan dunia di industri ini melalui berbagai acara dan kompetisi menarik yang diselenggarakan bersama mitra asosiasi dalam industri perhotelan dan F&B. Di antaranya, Liga Kopi: Indonesia Barista Championship (IBC) oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).
Sejalan dengan tren global menuju keberlanjutan, FHI berkomitmen untuk terus mempromosikan keberlanjutan dalam industri ini. “Sustainability menjadi salah satu komitmen PT Pamerindo Indonesia sebagai penyelenggara acara yang menjadi bagian dari Informa Markets, yang fokus pada pembangunan berkelanjutan, manajemen acara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan mempromosikan tanggung jawab sosial,” ucap Juanita.
Ditambahkan Leonarita Hutama selaku Marketing Communication Manager FHI 2024 bahwa, FHI 2024 masih terus berusaha mengurangi dampak lingkungan pada planet melalui praktik sustainability di sektor perhotelan, makanan dan minuman, serta pariwisata. Di antaranya, melalui berbagai inovasi ramah lingkungan dan optimalisasi peluang dengan mengajak semua pihak dilakukan demi perubahan yang berkelanjutan untuk bisnis masa depan yang terus berkembang.
“FHI 2024 senantiasa mengikuti FasterForward sebagai panduan keberlanjutan/sustainability oleh induk perusahaan kami, Informa Markets, dan menerapkan inisiatif yang dapat diukur untuk mengintegrasikan praktik keberlanjutan dalam acara-acara yang diselenggarakan, seperti penghematan energi melalui penggunaan listrik yang terbarukan, pengurangan penggunaan kertas, penggunaan kembali produk yang dapat dipakai ulang di setiap acara, serta penggunaan produk yang berbahan dasar ramah lingkungan,” urai Leona.
FHI 2024 juga menjalankan Better Stands dari Informa Markets yang berdampak positif dalam upaya mendorong sustainability dalam industri. Program ini bertujuan untuk menghindari penggunaan stand sekali pakai untuk dapat digantikan dengan struktur stand yang dapat digunakan kembali (reusable stand).
FHI melalui Better Stands memastikan perusahaan peserta pameran untuk mendesain dan membangun stand pameran dengan bahan yang sustainable dan dapat digunakan kembali agar dapat mengurangi sampah, mengurangi jejak karbon, menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pengalaman pelanggan lebih baik serta berpotensi menghemat biaya.
"FHI ingin melibatkan lebih banyak khalayak yang peduli lingkungan dan menginspirasi pilihan yang sadar lingkungan melalui kolaborasi dengan organisasi dan perusahaan yang berkelanjutan, untuk mencerminkan komitmen terhadap pengelolaan lingkungan. FHI 2024 bermitra dengan NGO terkemuka seperti Yayasan Cheshire Indonesia untuk menyelenggarakan program pelatihan vokasional bagi pria dan wanita dewasa yang memiliki disabilitas mobilitas, melalui pelatihan kerajinan kayu dan menjahit, serta keterampilan tambahan seperti komputer dan bahasa Inggris untuk membantu mereka menjadi mandiri secara finansial,” paparnya.
Selain itu, FHI 2024 juga mengimplementasikan metode daur ulang dan penggunaan kembali barang yang tidak terpakai menjadi sebuah barang baru yang berguna pakai. Setelah acara berakhir, FHI akan mendonasikan sampah banner untuk didaur ulang menjadi tas yang dilakukan dengan berkolaborasi bersama STUFFO.
FHI 2024 juga mengajak pengunjung dan peserta pameran untuk membawa botol minuman sendiri melalui kampanye “Bring Your Own Tumbler” berkolaborasi bersama Pureve, sebagai penyedia station pengisian isi ulang air minum di seluruh area pameran. Langkah ini dilakukan untuk meminimalkan pemborosan sampah botol plastik guna mendukung usaha berkelanjutan.