Panasonic Targetkan 600 Video di Program “Panasonic Young Film Maker 2019”

Perkembangan teknologi dan digital telah memicu sejumlah trend baru dalam industri kreatif di Indonesia. Antara lain, content creator pada berbagai platform media sosial.

Sementara itu, perkembangan film di Indonesia pun terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu ditandai dengan tingginya jumlah penonton film Indonesia yang tahun ini diprediksi mencapai 60 juta penonton. Bahkan, hingga tahun ini sudah ada 1.900 layar bioskop dan 120 film lokal yang sudah diproduksi.

Fenomena itulah yang membuat PT Panasonic Gobel Indonesia kembali menggelar program kompetisi membuat video bertajuk “Panasonic Young Film Maker” (PYFM) pada tahun ini. Program yang dihelat secara berkala sejak 2015 lalu itu merupakan bentuk komitmen Panasonic untuk meningkatkan motivasi sekaligus mengedukasi dan melatih filmmaker muda bertalenta di seluruh Indonesia.

Dijelaskan Agung Ariefiandi, Audio Visual Marketing Group Manager PT Panasonic Gobel Indonesia, program yang digelar setiap dua tahun sekali itu menyasar peserta dengan rentang usia 15-30 tahun. PYFM 2019 akan dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dari 9 Oktober hingga 29 Desember 2019.

Tahun ini, PYFM 2019 hadir dengan tiga kategori. Pertama adalah kategori Short Movie, yang merupakan produksi film dengan media konvensional dengan genre drama, komedi, horror, action, serta dokumenter berdurasi maksimal 15 menit. Katergori kedua, online video, yang merupakan produksi video dengan durasi maksimal 10 menit yang terbagi dalam 4 Genre video, yaitu Travel Video, Fashion Film, Music Video, dan Sketch Comedy. Kategori ketiga adalah Wedding Films, yang merupakan special category tahun ini.

Dari ketiga kategori ini akan dipilih total delapan pemenang, dengan total hadiah Rp 300 juta. Respon masyarakat terahdap program tersebut tercatat cukup tinggi. Terbukti, tahun 2017, peserta yang ikut mencapai 357 video. “Tahun ini, kami menargetkan 600 video,” ujarnya pada hari ini (9/10), di Jakarta.

Tahun ini, Panasonic bekerja sama dengan Digital Cinematography Indonesia, Hunting Pasar, dan Visinema. Dalam rangkaian PYFM 2019, Panasonic juga akan menggelar workshop roadshow mengenai pembuatan film pendek serta penjelasan fitur yang ada dalam kamera LUMIX, yang mendukung pembuatan film pendek.

Pada kegiatan ini, kami mengajak para peserta workshop untuk mengikuti kompetisi PYFM 2019. Roadshow ini akan dilaksanakan di sebelas kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Malang, Padang, Yogyakarta, Surabaya, Bengkulu, Bali, Banjarmasin, Manado, Makassar,” tuturnya.

Dilanjutkan Agung, seluruh peserta juga harus meng-upload cover film atau trailer film di Instagram Feed, mengikuti dan menandai akun Instagram @LumixIndonesia dan menambahkan hastag #PYFM2019 #KolaborasTanpaBatas.

Kali ini, ada empat juri kenamaan yang kami libatkan, yakni Angga Dwi Sasongko dan Benny Kadarhariarto untuk kategori short movie, serta Bagus Kresnawan dan Goenrock untuk kategori Online video,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)