Pandemi Tantangan Besar bagi Profesional HCM

MIX.co.id – Pandemi Covid-19 memunculkan tantangan besar bagi para profesional Human Capital Management (HCM). Kementerian BUMN mendukung realisasi transformasi human capital mengingat Indonesia sedang memasuki momentum bonus demografi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyatakan pihaknya mendukung realisasi transformasi human capital mengingat Indonesia sedang memasuki momentum bonus demografi.

Menurutnya, bonus demografi akan terjadi luar biasa di Indonesia. Pada 2020 – 2030 usia angkatan kerja di Indonesia akan mencapai 70% dari total populasi.

“Kepemimpinan muda menjadi fondasi yang harus didorong, dan kita punya tanggung jawab moral agar mentorship tetap terjadi,” ujarnya saat membuka acara The 3rd Indonesia Human Capital Summit (IHCS) 2021, yang digelar pada 16-17 November 2021 di Jakarta.

Indonesia diperkirakan akan menikmati bonus demografi pada 2030 – 2040 mendatang di mana 64% jumlah penduduk didominasi oleh usia produktif. Agar bisa menikmati bonus tersebut, Indonesia perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari sisi pendidikan, keterampilan, dan kesiapan menghadapi persaingan.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan diselenggarakannya IHCS 2021 yaitu sebagai upaya peningkatan kualitas human capital sekaligus mendukung Visi Indonesia Maju.

Pengembangan human capital dan inovasi model bisnis menjadi prioritas utama Kementerian BUMN untuk menjawab tantangan masa depan.

Lebih lanjut, Kementerian BUMN juga memberi perhatian besar terhadap kepemimpinan perempuan. “Kesetaraan gender adalah bagian dari check and balance di lingkungan BUMN. Kekuatan leader perempuan adalah empati dan soal grooming leadership, perempuan lebih baik,” papar Erick Thohir.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi karena leadership tidak bisa berjalan sendiri dan membutuhkan tim yang baik.

Sementara Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar, mengatakan gelaran IHCS 2021 adalah salah satu bentuk kontribusi FHCI dalam upaya pengembangan human capital Indonesia.

“FHCI memiliki peran strategis dalam menjembatani profesional HCM di kalangan BUMN dan swasta dengan akademisi dan Kementerian BUMN,” tuturnya.

Tema IHCS tahun ini diselaraskan dengan era pandemi dan paska pandemi yang telah mengubah total manajemen human capital di dunia.

Melalui ajang IHCS 2021, diharapkan dapat  diperoleh ide gagasan baik bagi penyusun kebijakan, praktisi HC, maupun perguruan tinggi yang berperan dalam pendidikan SDM untuk mendorong pengembangan talenta Indonesia yang unggul dan berdaya saing global. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)