Partisipasi Konami di eSports Asian Games 2018

Untuk pertama kalinya, eSports hadir di ajang Asian Games 2018, yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Di pesta olahraga terbesar kedua di dunia tersebut, setelah Olimpiade, eSports akan diperkenalkan melalui sebuah demonstrasi pertandingan. Pada kategori eSports tersebut terdapat enam game yang akan dipertandingkan. Salah satunya adalah PRO EVOLUTION SOCCER (PES) 2018--produk video game dari Konami yang sudah dinikmati lebih dari 20 tahun sejak tahun 1995 sebagai sebuah game konsol.

PES2018 adalah satu-satunya game olahraga yang dipilih menjadi pertandingan demonstrasi di Asian Games 2018. Saya rasa PES2018 dipilih karena permainan ini cukup bersahabat dengan mereka yang bahkan jarang bermain game. Ditambah lagi PES juga memiliki banyak persamaan dengan olahraga sepakbola, tegas Takayuki Kurumada, Deputy Division Director of Promotion Planning Division Konami Digital Entertainment Co., Ltd.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa saat ini, jumlah keping yang terjual secara keseluruhan di seluruh dunia mencapai lebih dari 100 juta kopi. Sementara di Apps, jumlah yang mengunduh sudah mencapai 1 miliar. "Di Asia, pengguna PES sangat tinggi. Begitu juga dengan Indonesia. Untuk itu, untuk makin memperkenalkan PES di Asia Tenggara, kami melakukan pendekatan ke komunitas-komunitas PES di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang jumlah penggunanya juga cukup tinggi," papar Takayuki yang menyebutkan akhir Agustus 2018, PES2019 akan segera dirilis.

Ditambahkan Eddy Lim, Ketua Umum Asosiasi eSports Indonesia, Kompetisi eSports PES2018 di Asian Games 2018 akan dilangsungkan pada 1 September 2018. "Akan ada delapan negara yang akan bertanding di eSports Asian Games 2018, yakni Indonesia, Iran, Hongkong, Vietnam, Jepang, Kazakhstan, Malaysia, dan India. Setia Widianto dan Elga Cahya Putra merupakan atlet perwakilan Indonesia dalam Asian Games 2018 pada kompetisi PES," papar Eddy.

Di Indonesia, diakui Eddy, eSports adalah industri yang sedang berkembang. Asosiasi eSports di Indonesia berdiri sejak tahun 2014. Sejak saat itu, kami sudah memiliki pengurus daerah di 11 provinsi di Indonesia. Di antaranya, Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Papua.

Dalam mengembangkan eSports, selain di Asian Games 2018, Konami juga bekerja sama dengan komunitas dari berbagai belahan dunia. Misalnya, sejak 2001, Konami sudah mengadakan kompetisi eSports di Eropa. "Saat ini, Konami memiliki turnamen PES LEAGUE yang merupakan turnamen PES resmi sedunia dari Konami," tutur Takayuki.

Sebelum pertandingan PES2018 berlangsung, dikatakan Takayuki, Konami akan menggelar PES Party di Plaza Senayan, Jakarta, pada 31 Agustus 2018. "Di sana, kami akan menggelar event dan aktivitas menarik untuk para pecinta PES," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)