Paska Akuisisi, Begini Strategi Rejuvinasi Madu TJ

Pasar madu memang selalu semanis rasanya. Itu pula yang memicu PT Ultra Sakti--produsen yang dikenal dengan brand minyak angin aromatherapy FreshCare--memutuskan untuk mengakuisisi produk madu Tresno Joyo pada tahun 2012 silam. Paska akuisisi, Ultra Sakti memutuskan untuk mengambil langkah rejuvinasi brand madu Tresno Joyo.

IMG_20150814_41790__1439534722_59785 Strategi Rejuvinasi Madu TJ

Langkah rejuvinasi yang pertama kali dilakukan adalah mengganti brand Madu Tresno Joyo agar terlihat lebih segar dan modern. Yakni, menjadi Madu TJ. "Untuk memberi sentuhan modern dan kekinian, kami memilih Agnes Monica sebagai brand ambassador Madu TJ," ujar Harun Pramono, Director PT Ultra Sakti.

Berikutnya, Ultra Sakti pun membenahi kemasan Madu TJ agar tampak modern dan praktis. Jadilah, Madu TJ keluar dengan produk botol PET ukuran 150 gr, 250 gr, dan 500 gr. Ditambahkan Diana Christy, Sales and Marketing Director PT Ultra Sakti, "Kami-lah yang pertama kali menghadirkan produk madu dengan kemasan botol PET. Kami juga yang pertama menghadirkan TJ Lock, kemasan dengan tutup botol anti tumpah."

Langkah yang tak kalah penting adalah menggelar upaya marketing komunikasi secara terintegrasi. Mulai dari above the line dengan menayangkan iklan TV Commercial Madu TJ, hingga kegiatan below the line dengan menggelar aktivasi di kalangan ibu-ibu--yang notabene penentu keputusan pembelian madu untuk konsumsi keluarga. "Kami masuk ke acara pengajian, PKK, dan yang terbaru adalah acara Jakarta Fair di Kemayoran," ungkap Diana, yang menyebutkan Madu TJ juga rajin menjalankan instore promo.

Tak hanya branding dan marketing yang dibenahi, Ultra Sakti juga melakukan inovasi pada produk. Di antaranya, dengan menghadirkan varian baru. "Sampai saat ini, kami memiliki empat varian, yakni madu kurma, madu murni, madu super yang mengandung royaljelly, dan madu Joybee dengan kandungan multivitamin yang baru saja diluncurkan Agustus 2015 ini," timpal Harun, yang menyebutkan bahwa Madu TJ juga punya varian sachet.

Demi menonjolkan kesan kepraktisan, iklan TVC Madu TJ menggambarkan bagaimana Agnes Monica langsung glek (tenggak-red) mengkonsumsi Madu TJ dari kemasan botol PET anti tumpah. "Kami memang ingin mengedukasi market bahwa madu dapat dikonsumsi secara praktis di mana saja dan kapan saja. Langkah ini untuk meningkatkan penetrasi konsumsi madu di Indonesia yang masih rendah," kata Harun.

Hasilnya? "Paska akuisisi, penjualan Madu TJ tumbuh signifikan. Bahkan, Madu TJ kini menjadi market leader di kategori kemasan botol," klaim Diana, yang menyebutkan Madu TJ sudah menyandang sertifikat halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)