Patok Pangsa Pasar 10%, Ini Strategi Mitsubishi di 2025

MIX.co.id - Data retail capaian penjualan mobil di Indonesia sepanjang 2024 menunjukkan penurunan. Tercatat sepanjang tahun 2024, mobil yang terjual mencapai 889.680 unit, atau turun 10,9% dibandingkan dengan periode sebelumnya tahun 2023.


Kendati mengalami penurunan, pada tahun fiskal 2024, Mitsubishi berhasil mencatat penjualan 71.451 unit pada periode April 2024-Maret 2025. Dengan capaian itu, Mitsubishi mampu menjaga pangsa pasarnya di pasar otomotif sebesar 8,2%. Capaian tersebut terdiri dari penjualan kendaraan penumpang sebanyak 49.559 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 21.892 unit.

Dijelaskan Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada media gathering yang digelar hari ini (16/5), di Jakarta, di segmen Small MPV/ Low SUV Xpander dan Xpander Cross berhasih meraih pangsa pasar 23%. "Sementara itu, pada segmen small SUV, Xforce mencatat pangsa pasar 14%. Adapun di pasar medium SUV, Pajero Sport berhasil meraih pangsa pasar 40%," ucapnya.

Selanjutnya, pada pasar small pick-up 4x4 (kendaraan niaga ringan), Triton 4x4 meraih pangsa pasar 40%. "Di pasar small pick-up 4x2, Mitsubishi L300 masih memimpin, dengan pangsa pasar 47%," lanjutnya.

Dari sisi purnajual, Mitsubishi juga meraih capaian positif, di mana pada tahun 2024 total kendaraan datang ke diler resmi untuk melakukan servis dan perawatan, naik sebesar 3%. Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris dan genuine part naik sebesar 2% dibandingkan dengan tahun fiskal 2023. Dari sisi skor indeks kepuasan konsumen / Customer Satisfaction Index (CSI), Mitsubishi menerima peningkatan sebesar 13 poin dari sebelumnya di tahun 2023.

Lalu berkat penerapan “Passion to Care’” melalui layanan secara menyeluruh di tahun 2024, Net Promotor Score (NPS) MMKSI naik 22,7 poin dibanding tahun sebelumnya, dengan skor akhir 66,7 poin. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.

Dari hasil survey internal yang dilakukan oleh MMKSI pada akhir 2024 terkait persepsi masyarakat terhadap brand Mitsubishi Motors, diketahui bahwa Mitsubishi Motors menjadi salah satu brand yang berada di posisi tiga besar merek teratas yang dipikirkan konsumen Indonesia. Sedangkan dari sisi model kendaraan, semua model Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia berada di posisi tiga besar teratas tiap segmennya, mulai dari segmen small-MPV, small-SUV, Mid–SUV, hingga model-model kendaraan niaga ringan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada konsumen setia Mitsubishi Motors, rekan media masa nasional, serta seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia, sehingga dapat melewati berbagai tantangan ada di tahun 2024 dan meraih capaian positif. Kami sangat bersemangat tahun ini, dikarenakan 2025 menjadi tahun yang menandai kehadiran Mitsubishi Motors ke-55 tahun, tumbuh berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia," ungkap Atsushi Kurita, President Director MMKSI.

Lebih jauh ia menjelaskan, pada tahun ini, Mitsubishi juga akan memperkenalkan model baru yang akan menjadi salah satu unggulan di pasar Indonesia. "Pada event ino, kami meluncurkan penyegaran model New Xpander dan New Xpander Cross agar tetap aktual dalam mengakomodasi preferensi konsumen. Dengan semangat perayaan ‘Celebrate Every Journey with Mitsubishi Motors’ serta bekal pengalaman panjang dan reputasi sebagai merek yang dapat diandalkan dan dipercaya, kami bertekad untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang khas namun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat, dapat menemani serta mendukung beragam aktivitas pengguna dalam mengejar cita dan tujuan dalam hidup,” urai Atsushi Kurita.

Target dan Strategi Mitsubishi 2025
Untuk tahun 2025, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 900.000 unit. Proyeksi ini menjadi dorongan tersendiri bagi MMKSI untuk mempertahankan eksistensi merek Mitsubishi Motors, dan meningkatkan kualitas serta keandalan pada sisi produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada konsumen di pasar otomotif di Indonesia.

Pada sisi penjualan, Mitsubishi menargetkan penjualan unit kendaraan tahun 2025 dapat melebihi capaian tahun 2024, dengan pangsa pasar 10%. Untuk mencapai target penjualan tersebut, Mitsubishi akan meluncurkan model-model baru unggulan, termasuk model yang benar-benar baru pada tahun ini, mempermudah konsumen dalam proses kepemilikan kendaraan dengan menyediakan berbagai pilihan program penjualan menarik, antara lain seperti, uang muka ringan, bunga ringan, lucky draw, hingga dukungan program pembiayaan. Pada event media gathering ini, Mitsubishi juga melakukan penyegaran model untuk New Xpander dan New Xpander Cross.

Strategi lainnya, Mitsubishi akan meningkatkan frekuensi event pameran setiap bulan di berbagai daerah di Indonesia. Bersama diler, Mitsubishi akan berusaha untuk meningkatkan pembelian kembali dari target konsumen baru, maupun konsumen-konsumen loyal model backbone, seperti Xpander, Pajero Sport, Xforce, L300, dan juga Triton. Termasuk, menggarap kembali potensi penjualan fleet dengan model terutama untuk projek-projek besar.

Dari sisi peningkatan pengalaman konsumen, Mitsubishi memastikan ketersediaan dan keterjangkauan kualitas terbaik di setiap tahap titik interaksi dengan konsumen. Mulai dari layanan pembelian hingga purna jual, baik melalui aktivitas offline-tatap muka, hingga aktivitas berbasis online dan digital secara mulus, sehingga konsumen dapat merasakan manfaat dari kemudahan mendapatkan layanan Mitsubishi.

Kepastian ketersediaan layanan dengan standar Mitsubishi Motors untuk konsumen di seluruh Indonesia akan dilanjutkan dengan penambahan 13 jaringan diler menjadi total 188 outlet, yang didukung 29 fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat, serta 5 authorized part shop pada akhir tahun fiskal 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)