MIX.co.id - Penetrasi pasar pemanas air (water heater) di Indonesia masih sangat rendah, yakni baru mencapai 4%. Kendati penetrasinya masih rendah, namun pasarnya dinilai masih menjanjikan, karena terus bertumbuh tiap tahunnya.
Diungkapkan Ganang Rohman, Sales Director Ariston Indonesia, di pasar pemanas air, Ariston telah menjadi market leader, dengan pangsa pasar lebih dari 70%. “Setiap tahun, penjualan kami selalu tumbuh double digit. Tahun ini, target penjualan kami tumbuh 20-30%,” ucapnya.
Guna mencapai target tersebut, sejumlah strategi disiapkan Ariston. Dijelaskan David Karlowee, Marketing Director Ariston Indonesia, strategi pertama adalah dengan melakukan edukasi ke masyarakat. Di antaranya, menginformasikan tentang kenyamanan dalam menggunakan pemanas air, kebaikan untuk menggunakan air panas bagi ayah dan Ibu, tidak mahal saat menggunakan pemanas air, dan sebagainya.
Lebih jauh ia menjelaskan, strategi kedua adalah dengan menciptakan new demand pada residence baru. Harapannya, ke depan, setiap rumah dapat memiliki pemanas air. “Sampai saat ini, segmen residensial masih mendominasi di Indonesia, yakni mencapai 90%. Sisanya, 10%, berasal dari segmen korporasi atau industri,” aku David.
Strategi ketiga adalah inovasi dengan menghadirkan produk baru. Mulai dari produk pemanas air yang hemat listrik, yang terintegrasi dengan smart home, hingga yang berteknologi solar maupun hit pump.
Paling anyar, Ariston merilis produk terbarunya, New Aures. Rangkaian produk baru ini hadir dalam tiga varian, yakni Aures Easy, Aures Premium, dan Aures Top. Produk yang resmi dirilis pada hari ini (14/3), di Jakarta, telah dilengkapi dengan beberapa fitur utama yang dapat dirasakan oleh penggunanya dalam upaya mencapai kenyamanan instan. Rangkaian produk tersebut hadir dengan harga mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 4 juta.
Dikatakan Managing Director Ariston Indonesia Erwin Lim pada saat peluncuran yang digelar hari ini (14/3), di Jakarta, rangkaian pemanas air listrik instan New Aures ini lahir untuk memberikan kenyamanan yang berkelanjutan bagi semua orang di mana pun mereka berada dengan pembaruan teknologi yang disematkan pada rangkaiannya. Pemanfaatan teknologi pada New Aures merupakan bentuk adaptasi dari kebutuhan pasar yang terus berkembang dari masa ke masa.
“Sesuai dengan komitmen global kami, Ariston selalu menghadirkan kenyamanan berkelanjutan untuk siapa saja di mana saja. Dengan pengalaman lebih dari 90 tahun di industri termal, kami selalu beradaptasi dengan tren dan kebutuhan yang dinamis,” terangnya.
Dijelaskan David, dengan teknologi yang diperbarui, fitur precise temperature setting pada rangkaian New Aures mampu memanaskan air secara cepat dan efisien serta menghasilkan suhu konstan, memaksimalkan penggunaan energi yang efisien bagi penggunanya. “Sebagai pemanas air instan, sudah pasti New Aures tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar karena tidak menggunakan tangki, cocok untuk tipe rumah minimalis,” ucapnya.
Melengkapi rangkaian sebelumnya, Ariston New Aures juga telah dilengkapi dengan fitur Eco Function dan Constant Temperature yang membantu mengatur ketepatan suhu pada saat bersamaan dengan penyesuaian daya yang efisien. Hal tersebut memungkinkan penggunanya untuk langsung mengalirkan air panas tanpa waktu pemanasan yang lama serta meminimalisir lebih banyak energi yang dikonsumsi.
“Seluruh fitur dan teknologi yang disematkan pada New Aures, mulai dari keamanan hingga efisiensi energi telah diuji coba secara fungsi, sehingga kehadiran rangkaian ini mampu memberikan kenyamanan instan dalam memenuhi kebutuhan air hangat secara aman dan efisien,” pungkas David.