Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 Fokus Sosialisasi KUR untuk Segmen UMKM

MIX.co.id - Edukasi market menjadi salah satu fokus Pegadaian dalam mensosialisasikan KUR (Kredit Usaha Rakyat) Pegadaian yang bisa diperoleh dengan mudah dan terbuka untuk seluruh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Demikian dikatakan Pimpinan Wilayah Kanwil VIII Jakarta 1 PT Pegadaian ( Persero) Alim Sutiono, pada media gathering yang digelar hari ini (30/5), di Jakarta.

"Program KUR Syariah yang kami hadirkan menjadi jadi solusi pembiayaan bagi pelaku usaha mikro dengan pinjaman sampai dengan Rp 10 juta dengan bunga hanya tiga persen per tahun. Saya ingin masyarakat ingat bahwa program KUR ini akan sangat membantu pengusaha UMKM di Indonesia, tanpa jaminan namun harus sesuai dengan syarat yang ditentukan. Kami juga memilih dan mensurvei, sehingga pencairan KUR ini dipastikan tepat sasaran," papar Alim.

Saat ini, Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 menargetkan penyaluran KUR hingga akhir 2023 sebanyak Rp 300 miliar. Sampai Mei ini, Pegadaian Wilayah Kanwil VIII Jakarta 1 sudah menyalurkan 15 persen atau sekitar Rp 56 miliar. Saat ini, KUR telah diberikan kepada 22 ribu UMKM dari target 40 ribu yang akan diberikan KUR. “Kami berharap dengan produk KUR ini, Pegadaian dapat memberdayakan masyarakat lebih baik lagi dan skala bisnis UMKM pun makin meningkat,” harapnya.

Guna mencapai target KUR yang Rp 300 miliar, Alim menjelaskan bahwa strategi memasarkan KUR ke masyarakat adalah dengan turun ke masyarakat langsung. Tim turun ke Kelurahan, bahkan sampai RT/RW untuk mengejar UMKM yang membutuhkan pembiayaan KUR. "Sosialisasi lewat media, hingga ke RT dengan mengerahkan 55 cabang yang berada di wilayah kami, Jakarta, Depok Bogor, Bekasi, hingga Karawang," jelas dia.

Pada kesempatan yang sama, Deputy Area Bogor Agus Riyadi menegaskan bahwa ada tiga kebutuhan utama dari UMKM Indonesia. Tiga kebutuhan itu adalah pembiayaan, pendampingan, dan pemasaran. Terkait pembiayaan, Pegadaian menawarkan beragai produk, antara lain KUR. Selanjutnya, untuk pendampingan, Pegadaian telah melakukan sinergi antara satu UMKM dengan UMKM lainnya.

“Selanjutnya, terkait pemasaran, kami juga mengikutsertakan UMKM dalam penyelenggaraan bazar-bazar. Artinya, kami tak hanya menyalurkan pinjaman, namun juga bagaimana kami membina UMKM agar bisa melakukan pengembangan usahanya dan pendapatannya,” papar Agus.

Alnafiah Alius selaku Deputy Area Kramatjati menegaskan bahwa saat ini Pegadaian fokus dalam meningkatkan UMKM dengan menyalurkan KUR. "Terkait hal ini, kami telah bekerja sama dengan Smesco, juga dengan Kementerian Tenaga Kerja terkait dengan UMKM yang terdaftar di entrepreneur.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)