MIX.co.id - Supermom sebagai platform digital yang memiliki salah satu jaringan komunitas parenting terbesar di Asia Tenggara terus memperkuat komitmennya dalam mendukung peran Ibu untuk mencari penghasilan tambahan bagi keluarga. Komitmen tersebut direpresentasikan oleh Supermom melalui peluncuran Project 1MPACT, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberdayakan satu juta ibu di Indonesia melalui peningkatan keterampilan digital mereka. Program ini diluncurkan secara resmi pada 3 Juli 2024 lalu dan akan berjalan selama 18 bulan hingga Desember 2025 mendatang.
Pelatihan gratis yang diberikan meliputi beberapa topik seperti bagaimana menjadi Content Creator, Affiliate Seller, Product Reviewer atau Panel Survey. Setelah melalui rangkaian pelatihan, peserta berkesempatan untuk dapat mengikuti berbagai kampanye merek (brand campaign) yang disediakan untuk peserta Project 1MPACT.
Country Director Supermom Indonesia Hellen Katherina mengungkapkan bahwa peluncuran Project 1MPACT ini didasari oleh kegelisahan Supermom Indonesia terhadap rendahnya literasi digital diantara para Ibu. Sebagai sebuah platform yang memposisikan diri sebagai wadah para Ibu untuk learning (belajar), sharing (berbagi) dan earning (mendapatkan penghasilan), Supermom Indonesia ingin memberdayakan para ibu untuk turut serta mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang saat ini bertumbuh sangat pesat. “Pemerintah Indonesia memproyeksi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia akan menembus angka USD 228 miliar pada tahun 2027 dan menjadi salah satu kontributor terbesar di GDP Indonesia. Dalam konteks tersebut, kami ingin memastikan bahwa para Ibu di Indonesia bisa merasakan dampak positifnya secara langsung bagi kesejahteraan keluarga mereka,” jelas Hellen Katherina.
Pelaksanaan Project 1MPACT ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia bersama beberapa mitra strategis seperti Indonesian Digital Association (IDA) sebagai Supporting Association Partner serta beberapa Supporting Brands seperti Lazada, Zurich, dan Bank Mandiri.
Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menargetkan menciptakan 9 juta talenta digital pada 2030. Untuk mencapai target tersebut, Indonesia memerlukan tambahan sekitar 600 ribu talenta digital setiap tahunnya. Saat ini, lembaga Pemerintahan baru mampu memenuhi sekitar 200 ribu talenta. Dengan gap 400 ribu talenta pertahun, dukungan terhadap Project 1MPACT diharapkan dapat memberikan solusi melalui pelatihan literasi digital dan pengembangan kewirausahaan. Hadirnya Project 1MPACT ini diharapkan dapat menciptakan peluang ekonomi baru, memperkuat peran wanita dalam sektor digital, dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital secara keseluruhan.
Menurut Ketua Umum Indonesia Digital Association (IDA) Dian Gemiano, salah satu faktor penentu pertumbuhan industri digital adalah ketika populasi Indonesia semakin melek digital. Dan ibu memiliki peranan penting dalam pemanfaatan media digital dalam keluarga. Ibu juga berfungsi sebagai pembuatan keputusan dalam pendidikan dan konsumsi keluarga. “Maka pemahaman seorang Ibu terhadap media digital secara langsung akan berpengaruh terhadap pertumbuhan industri ini,” katanya.
Pelatihan gratis Project 1MPACT akan dibantu oleh para ‘Mombassador’ Supermom yang telah diseleksi dari jutaan member komunitas Supermom, di mana para ‘Mombassador’ tersebut akan berperan sebagai mentor bagi para peserta dalam mempelajari berbagai modul digital yang telah disiapkan untuk membimbing para Ibu menjadi Key Opinnion Mothers (KOM) di masa yang akan datang.
Menurut Cinta Marezi, salah satu Mombassador Supermom yang turut berkontribusi sebagai mentor, Project 1MPACT sangat membantu para ibu yang ingin meningkatkan pemahaman literasi dunia digital dan juga para ibu yang tertarik mencari penghasilan tambahan melalui platform digital. “Project ini juga menciptakan komunitas ibu yang sehat dan suportif, serta menambah nilai (value) dalam diri juga pengalaman baru yang mungkin sebelumnya belum pernah dilakukan.”
Intan Mustika, Mombassador lainnya, mengatakan bahwa mentoring yang dilaksanakan dalam Project 1MPACT ini merupakan kesempatan terbaik untuk memperkuat jati dirinya sebagai wanita yang berdaya saing di ranah digital. "Menjadi peserta dalam Project 1MPACT ini merupakan pelajaran yang mahal, khususnya bagi para Ibu yang masih pemula di dunia digital dan belum mengerti harus memulai dari mana. Dengan adanya mentoring bersama kami di Project 1MPACT ini, tentunya akan menjadi kesempatan bagi para Ibu untuk mulai aktif dan berpenghasilan melalui kanal media digital," kata Intan.
Hingga saat ini, sudah hampir 10.000 Ibu terdaftar sebagai partisipan Project 1MPACT dengan jumlah Mombassador mendekati 100 orang. Dalam menyukseskan terlahirnya satu juta Key Opinion Mothers (KOM) melalui Project 1MPACT, Supermom senantiasa membuka ruang-ruang sinergi bagi para brand di Indonesia melalui penjajakan berbagai langkah kolaboratif untuk menjadi mitra strategis dari Project 1MPACT.
“Ibu adalah pengelola keuangan keluarga dan pembuat keputusan terhadap produk dan merek yang dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Sehingga menjadikan para ibu ini (daily moms) sebagai ‘endorser’ brand yang memiliki tingkat kepercayaan dan efektifitas yang tinggi mengingat followersnya di sosial media adalah real friends”, ungkap Hellen Katherina, Country Director Supermom Indonesia.
“Ke depan, kami akan terus menjajaki kolaborasi dengan lebih banyak mitra strategis demi terwujudnya visi Project 1MPACT. Dengan luasnya jaringan komunitas Supermom, terdapat peluang besar bagi mitra strategis kami untuk mengaktifkan ibu-ibu ini sebagai brand advocate di komunitas mereka, yang tentunya dapat berkontribusi pada peningkatan revenue masing-masing brand. Selain itu, partisipasi dalam Project 1MPACT ini juga akan menjadi bentuk nyata dari brand untuk tujuan mulia dalam memajukan ekonomi masyarakat, yang dapat dijadikan bagian dari Program CSR mereka,” tutup Hellen Katherina.
Untuk dapat berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari berbagai program pelatihan keterampilan digital gratis dalam Project 1MPACT, para ibu dapat melakukan registrasi melalui tautan berikut ini: https://v2.welovesupermom.com/r1/M7WfYA5P_presscon.