Semakin bertambahnya pemain baru di dunia e-commerce Indonesia rupanya dilihat oleh OLX tidak menggoyahkan posisi brand sebagai top of mind. Daniel Tumiwa. CEO OLX Indonesia, bahkan mengklaim sebagai e-commerce no wahid di indonesia. "di apps store OLX no.1 untuk shopping category, bahkan kata OLX sudah dianggap sebagai kata kerja."
Menurut Daniel, Saat ini tidak ada kompetitor yang charging, artinya saling subsidi. Sebagai perusahaan yang sudah lewat masalah konsolidasi. Kini kami masuk ke tahap charging, olx naik level lagi bukan sebagai media subsidi lagi. Tapi sebagai media yang punya rate jelas dan profitable.
Brand olx sejatinya adalah perusahaan iklan baris digital terbesar di dunia dengan cakupan 40 negara dimana 8 negara sangat profitable seperti Polandia dan Dubai. Kehadiran olx diberbagai negara tersebut menggunakan brand yang sama. "di Indonesia berniaga.com dan tokobagus.com bergabung bersama menjadi OLX, inilah awal mula brand ini ada di indonesia," terang Daniel.
Melirik data statistik yang dikeluarkan olx pada jumat, (18/9), di Jakarta, secara visit, kunjungan olx per September 2015 mencapai 2,5 miliar traffik per bulan dimana sekitar 90 persen traffic berasal dari mobile.
Sementara itu, untuk olx juga dikunjungi 1,5 juta user per hari. Bahkan, diakui daniel, aplikasi olx berada di urutan pertama di google play untuk shopping category. Hanya 10 persen dari desktop.
Saat ini, diakui daniel, olx telah memiliki 3 juta iklan baru per bulan. "6 dari 10 iklan di upload dari android, dan 3 paling sering dipasang eh user adalah gadget, otomotif dan elektronik."
"Lebih dari 70 persen iklan terjual dalam 1 minggu. Ketiga kategori yang dimaksud tersebut paling banyak digunakan," ucap daniel. Lanjutnya, 50 persen user selalu kembali ke olx.
Dalam media gathering yang diadakan dikantor baru olx di kawasan Blok M, Jakarta, (18/9), perusahaan ini juga merilis tampilan untuk aplikasi mobile terbaru. "kami sengaja luncurkan tampilan baru ini untuk memberikan brand experience kepada konsumen, bahkan 60 persen tampilan baru ini lebih cepat dan ringan," ucap Daniel.
Bersamaan dengan tampilan baru di mobile, olx juga luncurkan kampanye bertajuk Upgrade Indonesia. "bentuk kampanye lewat TVC dan akan tayang per 18 september 2015," imbuh daniel.
Dari sisi strategi, menurut Daniel, persaingan di bisnis marketplace kita mengedepankan konsep COD (cash on delivery). Diferensiasi kami jelas pada hal produk dimana kami menampilkan barang bekas dan barang baru. "Market kami ingin simplicity, jadi kemudahan ini yang kami bangun untuk bersaing dengan kompetitor," tegasnya.
Untuk strategi diskon dan promo yang berlebihan seperti yang dilakukan kompetitor, jelas Daniel, kami tidak main di area sana karena kami ingin membangun hubungan dengan penjual dan pembeli dimana faktor keamanan dan kemudahan itu sengaja diciptakan.
Spending budget yang dilakukan olx akan lebih fokus kepada digital sekitar 60 persen dan 40 persen untuk konvensional. Diungkapkan Daniel, untuk TV spending pasti akan berkurang tiap tahun karena trennya akan kami bangun kepada digital. *