MIX.co.id - Demi menjadikan kota sebagai salah satu destinasi pilihan, semua pemerintah kota di Indonesia berlomba-lomba membenahi wajah kota. Tanpa terkecuali, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Tahun ini, bersama PT Propan Raya dan IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Banten, Pemkot Tangsel akan menggelar program Sayembara Desain Arsitektur yang Mengusung tema “Sayembara Desain Bundaran Maruga Kota Tangerang Selatan”.

Diungkapkan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan H. Pilar Saga Ichsan, S.T., M. Arch., pada Pameran ARCH:ID Architectural Conference and Exhibition, “Dipilihnya Kawasan Bundaran Maruga sebagai Sayembara Desain Arsitektur, karena Pemkot Tangsel memiliki harapan bahwa area ini dapat menjadi ‘Etalase Kota’ yang merepresentasikan Kota Tangsel sebagai Kota Cerdas, Modern, dan Religius yang menjadi pusat hunian, perdagangan, dan jasa.”

Lebih jauh ia menerangkan, ajang ini merupakan kesempatan baik bagi para arsitek, karena hasil karyanya akan dibangun di Kota Tangsel dan akan menjadi proyek reference yang hebat bagi pemenangnya.

“Bundaran ini ke depannya diharapkan dapat menjadi landmark yang menarik bagi Kota Tangerang Selatan, sehingga kami berkeinginan melaksanakan Sayembara. Sebuah kebanggaan bagi kami juga dapat berkolaborasi dengan PT Propan Raya yang selama ini komit dalam mendukung sayembara desain, serta IAI Banten karena Tangsel berada di Banten. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada arsitek BDD – Bintaro Design District, yang turut mendukung kegiatan ini,” ujar Pilar.

Yuwono Imanto, Direktur Propan Raya, menambahkan, sayembara ini merupakan ajang yang baik bagi para arsitek untuk menunjukkan karya terbaiknya dan mengasah kemampuan desain arsitekturnya. “Propan Raya tercatat sudah delapan kali melakukan sayembara sejak tahun 2012 hingga tahun 2019, lalu sempat terhenti karena pandemi. Sekarang, kami siap untuk aktif lagi bergerak untuk mendukung kegiatan arsitektural melalui Sayembara Desain Bundaran Maruga Kota Tangerang Selatan,” katanya.

Sementara itu, Ar. Pierre A. Pongai, selaku Ketua IAI Banten, menyampaikan dukungan penuh IAI Banten dalam kegiatan sayembara Kota Tangerang Selatan. “Kami tentunya sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Kami juga siap bantu publikasi kepada para arsitek sehingga akan didapat hasil yang sesuai dengan harapan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)