Penetrasi Masih di Bawah 5%, Begini Upaya SHARP Genjot Pasar Penjernih Udara

air purifier SHARP

Penetrasi pasar air purifier atau penjernih udara di Tanah Air masih terhitung sangat rendah. Sampai saat ini, penetrasi pasar air purifier di Indonesia masih di bawah 5%. Bandingkan, dengan pasar penyejuk ruangan atau AC, yang sudah menebus 25%. Penetrasi yang rendah itulah yang memicu SHARP untuk terus mendongkrak pasar air purifier di Tanah Air.

Salah satu upaya yang dilakukan SHARP adalah dengan menghadirkan dua produk baru air purifier-nya hari ini (21/10), persis jelang musim hujan. Kedua produk barunya itu adalah Air Purifier Mosquito Catcher (penjernih udara yang dilengkapi dengan fungsi penangkap nyamuk) dan Air Purifier Mite Catcher (penjernih udara yang dilengkapi dengan fungsi pembasmi kutu ata tungau).

“Menjelang musim hujan tahun ini, SHARP secara khusus menghadirkan produk penjernih udara pertama di dunia dengan teknologi Plasmacluster yang dilengkapi fungsi penangkap nyamuk untuk menjaga kesehatan seluruh konsumen setia kami di Asia Tenggara, khususnya Indonesia yang beriklim tropis dan rentan terpapar dampak negatif dari nyamuk,” ungkap Fumihiro Irie selaku President Director PT SHARP Electronics Indonesia (SHARP).

Ditambahkan Herdiana Anita Pisceria, General Manager Divisi Product Planning SHARP, meski penetrasi air purifier masih rendah, namun prospek bisnisnya cukup menjanjikan. Menurut Herdiana, produk air purifier SHARP tahun ini masih bertumbuh 10%, di tengah industri elektronik yang sedang lesu.

“Bahkan, kasus kabut asap membuat penjualan produk kami tumbuh sangat tajam. Jika tiap bulannya penjualan air purifier SHARP mencapai 2.500-3.000 unit, maka sejak Lebaran lalu penjualan air purifier SHARP mencapai 10.000 unit. Penjualan tertinggi ada di daerah yang terpapar asap tinggi, seperti Pekanbaru, Jambi, dan Palembang,” lanjut Herdiana.

Dibandrol dengan harga Rp 3,29 juta, SHARP Air Purifier Mosquito Catcher menaarkan added value berupa bebas bau dan jamur, bebas asar, dan bebas nyamuk dengan sistem Mosquito Catcher. Sementara itu, SHARP Air Purifier Mite Catcher dibandrol dengan harga Rp 3,599 juta. Dengan harga itu, tentu saja target market yang dibidik SHARP adalah kalangan menengah atas yang concern dengan kesehatan.

“Kami optimistis dengan dua produk baru ini. Mengingat, penjualan air purifier SHARP selalu menunjukkan pertumbuhan. Dalam setahun ke depan, kami berharap Air Purifier Mosquito Catcher dapat terjual 10 ribu unit. Sementara untuk Air Purifier Mite Catcher diharapkan dapat terjual 3.500 unit per tahunnya,” patok Herdiana.

Demi mewujudkan target tersebut, SHARP pun akan melancarkan berbagai aktivasi, baik di media tradisional seperti iklan di media cetak, melakukan display di toko serta mengedukasi para penjaga toko tentang kedua produk baru tersebut, hingga kampanye di website SHARP, dan aktivasi digital. “Untuk bulan pertama ini, penjualan kami targetkan 500 sampai 600 unit. Sebab, kami masih pada tahap edukasi market,” tutup Herdiana.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)