MIX.co.id – DANA, perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital mencatatkan pertumbuhan positif sepanjang 2023. Hal ini tercermin dari pertumbuhan transaksi QRIS sebesar 272% dan transaksi Send Money sebesar 147% (YoY), sementara jumlah pengguna mencapai 170 juta, meningkat 23% dari tahun 2022.
“Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan antusiasme para pengguna terhadap fitur yang kami hadirkan, tapi juga menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan yang DANA tawarkan,” ujar Adri Awwal, VP Product of DANA Indonesia, kepada media di Jakarta, Selasa (30/1).
Fokus pertumbuhan DANA sepanjang tahun 2023 adalah menjadi dompet digital kepercayaan pengguna melalui inovasi yang berfokus pada kemudahan layanan dan keamanan transaksi. Termasuk peningkatan digitalisasi UMKM di Indonesia dalam rangka memberdayakan UMKM untuk go digital.
Tahun 2023 juga menjadi momentum bagi DANA untuk turut menyukseskan interkonektivitas sistem pembayaran antarnegara dengan mengimplementasikan perdana QR Cross Border di tiga negara, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura.
Menurut Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia, pihaknya selalu berfokus pada pengalaman pengguna dalam menghasilkan inovasi dan layanan produk.
Untuk memenuhi kebutuhan penguna terhadap asuransi dan investasi, disuguhkan DANA Siaga untuk asuransi, DANA eMAS dan DANA Goals untuk investasi.
Sepanjang 2023, DANA Siaga mengalami pertumbuhan positif yang melonjak hingga sembilan kali lipat. “Dengan menghadirkan produk teknologi finansial yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, DANA dapat semakin memperkuat posisinya sebagai dompet digital pilihan masyarakat,” ungkap Ivan.
DANA juga sukses menjalani berbagai program yang berfokus mendorong inklusi keuangan dan pemberdayaan berbagai komunitas di seluruh kalangan, seperti anak muda, perempuan, hingga penyandang disabilitas.
Salah satunya adalah program SisBerdaya yang melibatkan lebih dari 2.400 wirausaha perempuan dari berbagai daerah di Indonesia, dan berkesempatan untuk megembangkan bisnisnya melalui program mentoring dan pendampingan SisBerdaya.
Mega Indah Septian, Owner Demero F&B Pemenang Sisberdaya, mengaku bersyukur bisa berpartisipasi dan bergabung di dalam program Sisberdaya. “Bisnis rumahan saya, Demero, mengalami peningkatan signifikan setelah menggunakan fasilitas layanan digital yang dikembangkan oleh DANA,” katanya.
Ke depannya, disampaikan oleh Adri, DANA akan fokus mengembangkan pengalaman terbaik pengguna demi memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dan menempatkan peningkatan sistem keamanan di aplikasi DANA sebagai prioritas.
“Kami akan terus berkomitmen untuk memastikan kerja sama antar pemangku kepentingan tetap terjalin dengan baik demi upaya mewujudkan Indonesia cashless society,” tandasnya. ()