Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT ACE Hardware Indonesia Tbk, mencatatkan pertumbuhan penjualan sepanjang tahun 2015 sebesar 4,4 persen menjadi Rp 4,7 triliun.
Pertumbuhan tersebut ditopang dengan same-store growth (SSG) sebesar 0,5 persen dan kontribusi dari gerai baru yang dibuka selama 2014 dan 2015. Sementara laba tahun berjalan sebesar Rp 585 miliar atau tumbuh 5,1 persen dibandingkan periode setahun sebelumnya.
Presiden Direktur PT ACE Hardware Indonesia Tbk. Prabowo Widyakrisnadi mengatakan, perseroan tetap melakukan program ekspansi dengan membuka 8 gerai Ace Hardware dan 3 gerai Toys Kingdom, kendati kondisi perekonomian yang relatif melemah.
“Kami akan melanjutkan program ekspansi dengan pembukaan gerai serta melanjutkan program peningkatan efisiensi perusahaan,” ujarnya pada acara paparan publik di Gedung Kawan Lama, Jakarta Barat, pekan lalu (20/3).
Penambahan gerai baru tersebut setara dengan penambahan retail space sebesar 17.000 m2 dan menjadikan keseluruhan retail space berjumlah 326.000 m2. Untuk menggaet konsumen di area permkiman, diakui, pihaknya berencana membangun gerai berukuran kecil, di bawah 1.000 m2. “Ada tren sekarang gerai material dan tools berukuran kecil dan tersebar di area-area pemukiman,” jelas Prabowo.
Terkait dengan gaya hidup belanja online (e-commerce), ACE Hardware juga akan placement produk-produknya di portal ruparupa.com. Menurut dia, strategi ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang belanja online minded dan sifatnya hanya pendukung. “Utamanya ACE Hardware tetap memasarkan produk melalui gerai Ace Hardware yang tersebar dimana-mana,” ujar Prabowo lagi.