Penjualan Lima Produk Olahraga Ini Melonjak Selama Pandemi

Sejumlah kategori produk tampak menunjukkan peningkatan penjualan selama Pandemi Covid-19. Salah satu kategori produk yang bertumbuh di masa pandemi adalah produk olahraga. Terbukti, platform eCommerce Tokopedia mencatat, adanya peningkatan transaksi pada kategori Olahraga menjadi hampir 3 kali lipat pada Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

Dijelaskan External Communications Senior Lead Ekhel Chandra Wijaya, “Kegiatan berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat selama pandemi. Hal ini ditunjukkan dari data internal Tokopedia yang mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Olahraga menjadi hampir 3 kali lipat pada Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.”

Lebih jauh ia menjelaskan, ada lima aktivitas olahraga yang memicu kenaikan signifikan pada penjualan produk di kategori Olahraga. Kelimanya adalah bersepeda, yoga dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf, serta tenis meja.

#1 Produk Sepeda

Tokopedia mencatat, pembelian sepeda meningkat hampir 5 kali lipat selama pandemi. Sepeda lipat, sepeda gunung dan sepeda anak menjadi produk sepeda paling populer belakangan ini. Antusiasme masyarakat terhadap sepeda buatan pegiat usaha lokal pun juga sangat tinggi.

Ia mencontohkan, sebanyak 200 unit sepeda lipat merek lokal Element Indonesia terjual habis hanya dalam 40 detik lewat peluncuran eksklusif di Tokopedia sehingga berhasil memecahkan rekor MURI untuk penjualan sepeda lipat terbanyak dalam waktu satu menit.

#2 Peralatan Olahraga Yoga dan Pilates

Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan yoga dan pilates meningkat signifikan. Hal ini terlihat dari pertumbuhan transaksi peralatan yoga dan pilates di Tokopedia yang melonjak lebih dari 3,5 kali lipat.

“Selain mudah dilakukan bagi pemula, yoga dan pilates juga cenderung lebih aman karena dapat dilakukan di dalam rumah. Olahraga ini juga tidak hanya berdampak bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat membantu menghilangkan stres terutama di kondisi pandemi saat ini,” lanjutnya.

#3 Produk Sepatu Roda dan Skateboard

Bermain sepatu roda dan skateboard ternyata menjadi salah satu kegiatan yang digemari selama pandemi. Selain menyenangkan, bermain sepatu roda dan skateboard dapat dilakukan di sekitar tempat tinggal. Selama pandemi, Tokopedia melihat adanya kenaikan transaksi produk sepatu roda dan skateboard menjadi hampir 4 kali lipat.

#4 Peralatan Olaharga Golf

Golf menjadi salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan di tengah pandemi sekaligus bermanfaat meningkatkan imun tubuh. Tokopedia mencatat bahwa transaksi produk golf di Tokopedia  melonjak menjadi lebih dari 3 kali lipat.

“Bermain golf ternyata juga dinilai dapat memberikan aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang, sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO) selama pandemi berlangsung,” ucapnya.

#5 Peralatan Olahraga Tenis Meja

Tenis meja atau pingpong ternyata menjadi alternatif olahraga yang dilakukan masyarakat selama berada di rumah. Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi peralatan tenis meja yang menjadi hampir 2,5 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)