Penjualan Naik 5,7% di Tahun Lalu, Ini Strategi BMW Indonesia di Tahun 2016

bmw

Lesunya pasar otomotif di Indonesia pada tahun 2015 lalu rupanya tak berpengaruh pada produk kendaraan mewah. Terbukti, BMW Group Indonesia mampu menutup 2015 dengan pertumbuhan penjualan sebesar 5,7%. Pertumbuhan tersebut didukung oleh rekor penjualan sebanyak 3.638 unit untuk kendaraan BMW dan MINI.

“BMW Group Indonesia kembali mencatat pertumbuhan penjualan yang kuat pada tahun 2015, meskipun diterjang angin perlambatan di pasar otomotif Indonesia. Kami menutup tahun dengan pertumbuhan 5,7%. Angka ini mengukuhkan posisi kami sebagai satu-satunya brand otomotif premium asal Eropa di Indonesia yang secara konsisten mencapai hasil yang positif selama lima tahun terakhir. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa brand BMW dan MINI, baik produk maupun layanan purna jual kami terus memenangkan hati pelanggan yang kian bertambah,” kata Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Dipaparkan Karen, pertumbuhan berkesinambungan itu sebagian besar didorong oleh debut produk-produk baru. Antara lain, dari all-new BMW Active Tourer hingga produk flagship, all-new BMW Seri 7. Selanjutnya, ikon bersejarah selama 40 tahun, BMW Seri 3, masih terus memimpin dalam hal penjualan, yakni dengan 1.217 unit kendaraan terjual.

“Menyusul setelahnya adalah BMW Seri 5, yang mencatat pertumbuhan 11% dalam grafik penjualan BMW. Secara keseluruhan, keluarga BMW X terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan untuk BMW dengan penjualan BMW X5 meningkat 64% dan BMW X4 yang lebih dari dua kali lipat penjualan sebelumnya,” tegasnya.

Sementara itu, kendaraan sport dengan performa tingkat tinggi BMW M mencapai pertumbuhan penjualan dua digit, yaitu lebih dari 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Kehadiran BMW unggulan pada bulan Oktober 2015, all-new BMW Seri 7, juga menerima sambutan yang sangat hangat dari pasar premium Indonesia.

Bagaimana dengan MINI Indonesia? Sekali lagi, BMW membuktikan bahwa ikon desain unik lewat MINI ini tidak pernah gagal untuk menghadirkan senyum di wajah para pelanggannya. Terbukti, MINI mampu mencatat penjualan sebanyak 477 unit kendaraan pada akhir tahun 2015. MINI 3-Door yang popular mencatat penjualan tertinggi di Indonesia, diikuti oleh MINI 5-Door yang menarik banyak pelanggan baru ke brand ikonik tersebut, dan menyusul tidak jauh di belakangnya adalah MINI Countryman.

Ingin tetap melanjutkan suksesnya seperti tahun-tahun sebelumnya, BMW Group Indonesia pun sudah menyiapkan strateginya di tahun 2016 ini. Pada tahun 2016 misalnya, strategi BMW Group Indonesia adalah fokus untuk mencapai kembali pertumbuhan berkelanjutan seiring perayaan 15 tahun keberadaannya di Indonesia, yakni lewat produk-produknya yang inovatif.

"BMW Seri 3 terbaru dan all-new BMW Seri 7 sama-sama memiliki awal yang sangat baik. Kami mengharapkan keduanya akan menciptakan momentum penjualan lebih lanjut bersama dengan model-model baru lainnya yang akan kami perkenalkan di tahun ini. Termasuk, model-model baru yang memikat, seperti all-new BMW X1 dan BMW M2 perdana. Untuk MINI, kami akan meluncurkan MINI Clubman baru, yang merupakan sejarah baru bagi MINI untuk pertama kalinya memasuki segmen kelas kompak dan memperkenalkan arah baru dari merek tersebut, serta MINI Convertible baru,” tambah Karen.

Tahun ini, ditambahkan Karen, BMW juga akan terus fokus dalam menggandeng pelanggan. “Dealer kami optimis dan bersemangat akan seluruh brand di bawah BMW Group. Dengan demikian, kami terus berinvestasi serta memberikan layanan yang semakin baik kepada pelanggan,” lanjutnya.

Pada tahun 2016, BMW bersiap kembali menjalankan program pelanggan yang selalu sukses, seperti BMW Driving Experience 2016, dan juga memperkenalkan program-program baru yang menarik, seperti BMW Elite Card. “Kami juga akan melakukan penambahan outlet-outlet kendaraan baru serta peningkatan cabang-cabang yang sudah ada. Kami juga berencana untuk meningkatkan nilai jual kembali kendaraan kami melalui BMW Premium Selection dan MINI Next, keduanya menawarkan kendaraan purna-pakai berkualitas tinggi,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)