Pentingnya Sektor Perbankan Melakukan Transformasi Digital

Transformasi digital pada sektor jasa keuangan akan membawa perubahan signifikan bagi perbankan. Terutama, dalam memperluas akses keuangan bagi masyarakat. Demikian ditegaskan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso pada program “Katadata Indonesia Data and Economic Conference (IDE) yang digelar hari ini (24/2).

“Transformasi digital sektor jasa keuangan akan menjadi game changer, mengingat akses kredit, pembiayaan, akan semakin mudah dan terjangkau dari berbagai lokasi,” ucapnya.

Lebih jauh ia menerangkan, sejumlah layanan perbankan yang tidak hanya terbatas pada kredit dan pembiayaan, bisa dilakukan dengan platform digital. Termasuk, mempermudah dan mempercepat proses persyaratan administrasi dan dokumentasi. “Bisa kita lakukan tanpa batasan waktu dan ruang,” yakinnya.

Oleh karena itu, ia mendorong sektor jasa keuangan untuk melakukan transformasi digital, baik dari proses bisnis, saluran distribusi, sampai dengan struktur kelembagaannya. “Tentunya, langkah ini harus diiringi dengan implementasi manajemen risiko yang memadai,” saran Wimboh.

Sementara itu, dalam Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia 2020-2025, pengembangan ke depan akan diarahkan ke sejumlah hal. Pertama, memperkuat tata kelola dalam manajemen terintegrasi. Kedua, mendorong penggunaan teknologi informasi seperti cloud, blockchain, dan omnichannel.

“Dengan demikian, bank dapat menyediakan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen, meningkatkan efisiensi, memenuhi kebutuhan yang beragam, dan akses cepat dan murah dengan jangkauan yang lebih luas,” lanjut Wimboh.

Ketiga, mendorong terjadinya kerja sama terkait penggunaan teknologi, baik kepada bank besar, bank kecil, lembaga keuangan mikro, termasuk perusahaan rintisan. Keempat, mendukung implementasi digital di sektor perbankan.

“Dukungannya melalui percepatan dan integrasi proses persetujuan produk jasa keuangan berbasis digital. Kami akan terus mengakomodasi perizinan bank digital dengan mengacu kepada ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)