Perjalanan Dua Dekade Natur di Pasar Personal Care

Tetap eksis selama dua dekade (dua puluh tahun) di pasar Personal Care tidaklah mudah. Hal itulah yang dialami oleh PT Gondowangi Tradisional Kosmetika, perusahaan lokal yang memproduksi produk perawatan diri. Berawal dari bisnis budidaya rumput laut yang sukses merambah pasar ekspor hingga ke Prancis, Liem Soedarno sebagai Pendiri Natur, akhirnya memutuskan untuk memasuki bisnis personal care.

Tepat tahun 2000, PT Gondowangi Tradisional Kosmetika resmi memasarkan produk Natur shampo untuk pertama kalinya di Indonesia. Setelah itu, Natur mengeluarkan serangkaian produk perawatan rambut seperti kondisioner, masker rambut, tonik rambut, hingga vitamin rambut.

Bisnis Gondowangi terus melaju dengan melakukan penambahan kapasitas produksi di tahun 2011. Penambahan kapasitas itu tentu saja untuk membantu meningkatkan kelancaran supply produk-produk Natur.

Tahun 2015, Gondowangi kembali melakukan penambahan investasi untuk perluasan lini produksi perawatan kulit. Langkah perluasan lini produksi ini berkat dukungan pembiayaan dari Maybank, CIMB Niaga, dan BCA.

Diceritakan Brand Marketing dari Natur Caroline, Natur terus berinovasi melalui produk-produknya untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sejatinya, inovasi menjadi kunci keberhasilan Natur tetap eksis hingga dua dekade.

"Seiring berjalannya perjalanan bisnis, Natur mendengar dan melihat bahwa saat ini masyarakat Indonesia menyadari pentingnya memiliki kulit yang sehat. Bahkan, perawatan kulit yang menggunakan bahan alami sudah menjadi tren dan sangat dibutuhkan oleh konsumen," paparnya.

Oleh karena itu, pada 2019, lanjutnya, Natur kembali menjawab kebutuhan konsumen dengan meluncurkan produk perawatan kulit (skin care) yang tetap menggunakan bahan-bahan alami, yakni Natur Sleeping Mask varian aloe vera. Berikutnya, Natur kembali meluncurkan dua varian terbaru dari produk skin care-nya, yakni varian Cica dan Pomegranate.

Juni 2020 ini, genap di usianya yang ke-20, Natur kembali melakukan inovasi dengan meluncurkan produk skin care terbarunya, yakni Natur Face Serum dengan tiga varian, yakni Ginseng, Cica, dan Vitamin C.

"Peluncuran produk baru ini untuk menjawab kebutuhan konsumen akan produk perawatan kulit berbahan alami yang berkualitas. Peluncuran ini dilakukan eksklusif dengan Shopee dan mendapat respon yang luar biasa dari konsumen," ujar Caroline.

Dalam rangkaian perayaan Hari Jadinya yang ke-20, Natur menggelar acara Ulang Tahun yang dikemas secara virtual melalui media sosial instagram. Pada kesempatan ini, Natur juga menggandeng tiga influencer, yakni Jovi Adhiguna, Gritte Agatha, dan Titan Tyra.

"Ke depan, Gondowangi berencana untuk mengembangkan titik-titik distribusi dengan membangun distributor center dan enabler, platform, dan penambahan plant khusus produksi skin care," tutup Caroline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)