MIX.co.id - Platform fintech KoinWorks resmi menunjuk sejumlah nama untuk menduduki jajaran manajemen di awal 2022 lalu. Langkah strategis ini bertujuan untuk memperkuat bisnis dan strategi perusahaan dalam menyediakan layanan finansial terintegrasi untuk 1,6 juta lebih penggunanya.
Mereka adalah Grace Hong sebagai Chief Marketing Officer. Grace Hong dengan pengalaman profesionalnya dalam bidang marketing selama 15 tahun akan fokus menciptakan strategi kampanye yang menarik dan efektif untuk membantu KoinWorks melayani pasar utamanya yaitu UKM.
Selanjutnya, ada Ethan Zhang sebagai Chief Strategy Officer. Ethan Zhang, yang berpengalaman sebagai startup operator dan advisor serta entrepreneur, akan berkontribusi pada strategi perusahaan dan proses perencanaan strategis secara keseluruhan.
Berikutnya, ada Jonathan Bryan sebagai Chief Platform Officer, Aditya Chintawar sebagai Chief Product Officer, dan pada level senior vice president, Rachel Sugeha didapuk sebagai Senior VP of Wealth.
Jonathan Bryan, Aditya Chintawar, dan Rachel Sugeha masing-masing beralih dari peran sebelumnya di KoinWorks untuk fokus menciptakan dan mengembangkan inovasi terbaru, menyediakan produk yang relevan dan memenuhi kebutuhan UKM, serta mengembangkan produk investasi yang berstrategi untuk akuisisi pengguna baru.
Sebagai sebuah divisi, tim Strategi berfokus pada penciptaan nilai dan arah perusahaan secara keseluruhan, serta memastikan bahwa KoinWorks akan terus membangun ekosistem UKM Indonesia.
Divisi Produk yang sepenuhnya bekerja dengan data-driven akan lebih kuat dan tajam dalam memecahkan masalah kompleks menjadi lebih sederhana untuk menghasilkan produk yang tepat guna.
Kemudian Divisi Platform yang baru dibentuk secara konstan, akan terus melihat kebutuhan user experience, terutama pelaku UKM dengan membangun ekosistem yang membantu mereka dari memulai bisnis hingga berkembang melampaui UKM.
Bersinergi dengan Divisi Produk dan Divisi Platform, Divisi Wealth berkomitmen membantu pengguna KoinWorks melalui produk investasi yang sejalan dengan journey pengguna mencapai tujuan finansial.
Sementara itu, Divisi Marketing akan memaksimalkan KoinWorks dalam membantu pengguna untuk mengenal manfaat dan kemudahan mengakses platform keuangan digital seperti KoinWorks.
Pertumbuhan KoinWorks terbilang pesat dalam lima tahun terakhir. Perusahaan yang awalnya hanya mendistribusikan pinjaman untuk UKM di tahun 2016 sebagai P2P Lending ini, kini mempunyai serangkaian produk, seperti tabungan emas digital, pendanaan P2P otomatis berbasis kecerdasan buatan (AI), pembiayaan dengan jaminan invoice, pembiayaan dana pendidikan, early wage access, hingga pembelian obligasi. Sejak berdiri hingga awal 2022, KoinWorks telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 11 triliun.
Diungkapkan Benedicto Haryono, CEO dan Co-founder KoinWorks, “Rekan-rekan di manajemen memiliki keahlian dan jam terbang yang tinggi di bidangnya masing-masing. Kami akan bekerja sama untuk memperkuat bisnis sekaligus memperbesar company, termasuk dalam menyempurnakan KoinWorks NEO sebagai layanan finansial terintegrasi khusus UKM.”