Setelah melakukan brand re-positioning sebagai merek tas yang fokus menyasar segmen perempuan pada 2016 lalu, Exsport melakukan berbagai strategi demi memperkuat positioning barunya itu. Akhir tahun ini misalnya, Exsport—yang awalnya dikenal sebagai tas sekolah untuk segmen unisex—berkolaborasi dengan illustrator remaja berbakat, Shane Tortilla, dengan merilis tas limited edition, Exsport X Shane Tortilla.
Dina Haris, Marcomm Manager Exsport, menegaskan bahwa Exsport X Shane Tortilla hadir dalam dua model yang dirilis secara limited edition. Pertama adalah Sling Bag yang terbuat dari bahan semi-transparant mica dan dipadu dengan detail printing gambar di bagian strap. Tas ini berkapasitas 1,5 liter serta cukup untuk memuat barang esensial saat hang out. “Kedua adalah ExsportX Shane Tortilla Totebag. Model kedua iniberkapasitas lebih besar, 12 liter, denganaksen graphic print Shane Tortilla ada di bagian kompartemen utama,” ucapnya, pada hari ini (16/12), di Jakarta.
Dijelaskan Tania Avianti, Product Manager Exsport, harganya yang dibandrol untuk dua model ExsportX Shane Tortilla tercatatsangat terjangkau untuk segmenpelajar dan mahasiswa. “Mulai dari Rp 329 ribuuntuk ExsportX Shane Tortilla Sling Bag dan Rp 399 ribuuntuk ExsportX Shane Tortilla Totebag. Exsport X Shane Tortilla ini sudah bisa didapatkan di online store mulai 20 Desember 2019 dan disusul oleh penjualan offline store seluruh Indonesia.”
Pada kesempatan peluncuran ExsportX Shane Tortilla, Exsport juga memperkenalkan Angel Lukito sebagai Brand Representative Exsport. “Dipilihnya Angel sebagai Brand Representative Exsport karena ia memiliki karakteristik yang sama dengan Exsport, yakni muda (20-30 tahun) yang merupakan sosok learner dan explorer,” urai Dina.
Lebih jauh Dina menerangkan, re-positioning Exsport yang sangat fokus ke segmen perempuan, karena potensial market perempuan sebagai pembelanja sangat tinggi. “Karakter perempuan khan, one is not enough, alias satu produk saja tidak cukup. Oleh karena itu, dengan repositioning ini, kami ingin memenuhi kebutuhan segmen perempuan di setiap season. Mulai dari saat sekolah, hangout, dan sebagainya,” urai Dina, yang menyebutkan bahwa untuk segmen pria sudah dipenuhi oleh brand Bodypack dan segmen unisex telah dipenuhi oleh brand Eiger.
Untuk pre-launch, diakui Dina, ExsportX Shane Tortilla yang full package (mendapatkan T-Shirt dan kemasan khusus) sudah ludes terjual. “Ke depan, pada awal tahun 2020, kami juga kan menjalin kerja sama dengan desainer lainnya, untuk menghadirkan model tas yang memang dibutuhkan dan disukai segmen perempuan,” tutup Dina.