Setelah sukses menjangkau hampir 2 juta pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia untuk menjadi Pelapak serta berhasil merambah ke 80 kota komunitas di seluruh Indonesia, Bukalapak menyelenggarakan Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak (Kopdar Akbar) untuk yang kedua kalinya beberapa waktu lalu di Jakarta.
Kopdar Bukalapak 2017 turut mengajak seluruh keluarga pelapak.
Kopdar Akbar 2017 ini bertujuan untuk membantu para Pelapak di Bukalapak agar dapat saling berbagi ilmu ke sesama Pelapak dan bergotong royong membangun ekonomi digital Indonesia. Selain dihadiri oleh lebih dari 5000 pelapak dan pengguna Bukalapak, acara ini turut dihadiri oleh Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia), Achmad Zaky (Founder dan CEO Bukalapak), dan Muhammad Fikri (Head of Community Bukalapak).
“Ini adalah Kopdar Akbar kedua kalinya di Jakarta. Acara ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para pelapak karena mereka adalah mitra kami untuk tumbuh bersama, serta secara bersama-sama memberikan kualitas terbaik kepada para pengguna Bukalapak. Kami sangat menghargai kepercayaan para pelapak yang setia berjualan di Bukalapak dan telah berupaya untuk “naik kelas” bersama Bukalapak. Kami berkomitmen untuk berperan secara aktif memajukan UKM di seluruh Indonesia dengan pemanfaatan teknologi digital,” ujar Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak.
Komunitas Bukalapak yang saat ini tersebar di sekitar 80 kota di seluruh Indonesia terbentuk dari inisiatif para pelapak sendiri. Bukalapak sebagai platform tempat mereka berjualan memfasilitasi ajang berkumpulnya para pelapak di berbagai daerah melalui acara Kopdar di setiap kota. Para pelapak secara aktif saling berbagi mengenai peningkatan kapasitas dan kapabilitas bisnisnya seperti misalnya bagaimana meningkatkan penjualannya serta pemasaran produk secara efektif.
Dengan adanya komunitas-komunitas ini, Muhammad Fikri selaku Head of Community Management Bukalapak menyatakan bahwa Bukalapak ingin membantu dan berkerja sama dengan para pelaku UKM dari Sabang sampai Merauke untuk terhubung meskipun berada di lokasi yang berbeda. Lebih dari itu, acara ini juga ditujuan untuk memperkuat hubungan dan sinergi lintas sektor (akademisi, bisnis, praktisi, pemerintah dan masyarakat) dalam menunjang perkembangan bisnis berbasis aplikasi online di Indonesia.
“Di komunitas Bukalapak, kita percaya dengan konsep gotong royong dan kolaborasi. Sukses sendirian itu biasa, sukses bersama-sama itu baru luar biasa! Rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam berkomunitas ini menjadi penting agar setiap orang dapat menjadi pahlawan bangsa,” tutup Muhammad Fikri.