Perkuat Positioning "Sustainable Fashion Platform", Tinkerlust Lancarkan Strategi Baru

Aliya Amitra, COO of Tinkerlust _ Samira Shihab, CEO of Tinkerlust

September ini, Tinkerlust--online marketplace yang melayani jual beli barang preloved branded--meluncurkan strategi bisnis barunya demi memperkuat posisinya sebagai online platform yang mempraktikkan dan mendukung gerakan sustainable fashion. Itu artinya, Tinkerlust tak lagi menjadikan item preloved sebagai fokus utamanya. Melalui strategi barunya ini, Tinkerlust mengajak brand lokal yang memiliki visi dan misi yang sama untuk menjual produknya di website Tinkerlust.com.

Alasan Tinkerlust mengadopsi strategi barunya ini, karena banyaknya masyarakat di Indonesia, terutama kaum wanita, yang belum sepenuhnya sadar terhadap manfaat dari menerapkan sustainable fashion. Sementara di luar sana, banyak yang sudah mempraktikkan living minimalist, salah satunya dalam berbelanja.

Bahkan, isu itu pun tengah hangat dibicarakan oleh semua industri, tak terkecuali fashion industri di berbagai dunia. Sebab, bukan menjadi rahasia lagi bahwa industri ini adalah penyumbang sampah kedua tertinggi setelah industri minyak dan gas.

"Tinkerlust ingin menciptakan ruangan fashion yang lebih sustainable dengan memberikan edukasi kepada konsumen setia kami lewat kolaborasi dengan brand lokal yang memiliki koleksi ramah lingkungan. Ini adalah salah satu bentuk kontribusi dalam mengurangi limbah fashion, karena produk tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang," papar Aliya Amitra, COO sekaligus Co-Founder Tinkerlust.com.

Lebih jauh ia menegaskan, strategi baru ini juga untuk memajukan pengrajin lokal dan pemberdayaan wanita. “Harapan ke depannya, Tinkerlust dapat menjadi pionir sustainable fashion platform di Indonesia sekaligus bisa memberikan dampak sosial yang positif," patok Aliya.

Peluncuran strategi baru ini ditandai melalui kampanye ‘Local Heroes’. Pada kampanye ini turut berpartisipasi 14 brand lokal yang memiliki nilai-nilai kebumian. “Ke-14 brand yang kini sudah bergabung telah lama menerapkan praktik ramah lingkungan dalam proses perancangan hingga produksinya," tambah Samira Shihab, CEO sekaligus Co-Founder Tinkerlust.

Bersama 14 brand lokal pertama ini, Tinkerlust akan menggelar serangkaian acara yang diawali oleh Virtual fashion show lalu diikuti oleh Fashion Talks Show melalui Zoom. “Local Heroes menandai langkah awal dari strategi baru ini untuk menjadikan Tinkerlust sebagai fashion platform yang menerapkan sustainable fashion secara menyeluruh. Kami sangat optimis ke depannya akan lebih banyak lagi brand-brand yang memiliki visi sejalan untuk bergabung dengan kami," ujar Samira.

Pada kesempatan ini, TMRW by UOB dan Makeover mendukung aksi dari Tinkerlust sebagai exclusive partner. Melalui kampanye ini, Tinkerlust memberikan akses eksklusif kepada pengguna TMRW by UOB untuk bisa berbelanja koleksi Local Heroes selama 24 jam. Sementara itu, bagi user yang baru men-download dan registrasi aplikasi TMRW akan mendapatkan e-voucher belanja Tinkerlust.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)