MIX.co.id - Sepanjang tahun 2022, Bosch Indonesia, perusahaan penyedia teknologi, berhasil mencatat pertumbuhan double digit, dengan mencetak penjualan lebih dari Rp 2 triliun. Hingga saat ini, kinerja tahun lalu tersebut tercatat sebagai penjualan Bosch yang tertinggi di Indonesia. Dituturkan Pirmin Riegger, Managing Director of Bosch in Indonesia, pada konferensi pers tahunan yang digelar hari ini (7/6) di Jakarta, “Hasil penjualan perusahaan selama 2022 merupakan yang tertinggi sejak Bosch mulai beroperasi di Indonesia pada 2008 lalu.”
Jika dibandingkan kinerja Bosch di global, lanjutnya, pertumbuhan Indonesia pada 2022 tercatat lebih cepat. Jika tahun 2022, pertumbuhan penjualan di Bosch global mencapai 12%, yakni dari 78,7 milair Euro di 2021 menjadi 88 miliar Euro di 2022, maka pertumbuhan penjualan Bosch di Indonesia lebih tinggi. Bahkan, di tingkat ASEAN, pertumbuhan Bosch di Indonesia tercatat sebagai salah satu yang tercepat. “Meski demikian, kontribusi Indonesia terhadap Bosch global memang masih kecil, baru 1%,” ungkapnya.
Lebih jauh ia memaparkan bahwa perkembangan bisnis yang positif pada 2022 didorong oleh kontribusi dari semua divisi bisnis Bosch. Sektor bisnis Mobility Solutions membukukan kenaikan yang signifikan, berkat peningkatan volume ekspor produsen otomotif di Indonesia. Selain sektor Mobility Solutions, Bosch juga mengalami peningkatan pangsa pasar untuk tiga sektor bisnisnya yang lain, yakni Industrial Technology, Consumer Goods, dan Energy and Buildings Technology.
Sepanjang 2022, Bosch meluncurkan sejumlah inovasi produk yang secara langsung dapat mengatasi kebutuhan pengguna dan menyederhanakan pekerjaan sehari-hari, yang pada akhirnya membuat hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih mudah. Salah satu contohnya, Bosch UniversalBrush, alat pembersih bertenaga baterai ringkas yang merevolusi pekerjaan bersih-bersih dengan kepala sikat serbaguna dan rotasi yang kuat, membuat tugas pembersihan yang sulit menjadi mudah.
Dalam industri konstruksi, Bosch meluncurkan bor profesional dan angle grinder dengan teknologi sensor canggih yang memprioritaskan keselamatan pekerja dengan mencegah tiga risiko terkait dengan penggunaan power tools - kickback, jatuh, dan overheat. Selain itu, ada juga mesin pencuci piring terbaru dari Bosch yang mampu mengoptimalkan rutinitas rumah tangga, membebaskan waktu yang berharga untuk aktivitas lain dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
Diakui Pirmin, Bosch juga berusaha memberdayakan generasi Indonesia masa depan dan memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat Indonesia. Dia mencontohkan, inisiatif "Bosch Surabaya Interior Design Competition 2023" yang tidak hanya mendorong gagasan baru di Indonesia, tetapi juga melibatkan langsung para talenta muda. Program ini melibatkan lebih dari 300 mahasiswa desain interior dan arsitektur dari delapan universitas ternama di Jawa Timur, yang ditugaskan untuk mengajukan ide inovatif untuk mendesain masa depan ritel untuk Bosch.
Selain itu, sebagai bagian dari inisiatif #CareForSight, Bosch bekerja sama dengan SOS Children’s Villages dan Yayasan Tunas Bakti Nusantara menyediakan pemeriksaan mata, kacamata korektif, dan operasi katarak untuk lebih dari 400 penerima manfaat.
Di Bosch, keberlanjutan tercermin pada setiap pengembangan produk. Misalnya, sensor terintegrasi dalam mesin pencuci piring Bosch yang mempertimbangan piring dan berat muatan untuk menentukan siklus yang paling cocok, memungkinkan pengguna menghemat energi dan air dan pada saat yang sama mencapai kebersihan yang maksimal. Selain itu, komitmen Bosch terhadap inovasi tidak hanya terbatas pada segmen konsumen, tetapi juga mencakup sektor industri. Sebagai contoh, boiler listrik untuk industri yang baru dikembangkan oleh Bosch secara aktif mendukung peralihan pelanggan dari sumber energi fosil ke sumber energi terbarukan.
Melanjutkan pertumbuhan positif pada 2022 lalu, Bosch menargetkan akhir tahun 2023 ini, Bosch bisa mencapat pertumbuhan double digit. Berdasarkan perkembangan positif pada lima bulan di 2023 ini, diakui Pirmin, Bosch Indonesia optimistis akan melanjutkan pertumbuhannya pada 2023. “Strategi yang dilancarkan Bosch untuk mencapai target di tahun ini antara lain dengan terus mengeksplorasi peluang untuk memperluas kehadirannya di seluruh negeri, memperkenalkan inovasi produk baru yang disesuaikan dengan pasar Indonesia yang terus berkembang, serta akan membuka menambah satu lagi gerai Bosch yang baru pada tahun ini, di mana sebelumnya kami telah membuka gerai pertama di Jakarta,” urainya.
Bosch juga tercatat aktif mendukung transisi Indonesia menuju Industri 4.0. Pada April lalu misalnya, Bosch berpartisipasi di Hannover Messe 2023 (di paviliun Indonesia), salah satu pameran teknologi industri terbesar di dunia. Pada acara tersebut, Bosch memamerkan ctrlX AUTOMATION, platform otomasi terbuka yang menawarkan solusi modular dan scalable. Selain itu, Bosch juga menghadirkan teknologi Nexeed MES (Manufacturing Execution System) yang memungkinkan pemantauan data proses manufaktur secara real-time. Solusi inovatif ini memberdayakan produsen di Indonesia untuk menyederhanakan operasi pabrik mereka, mengurangi kebutuhan komponen, dan meningkatkan produktivitas.
"Bosch sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung transformasi industri sektor manufaktur lokal. Kami berusaha mendorong inovasi, mengimplementasikan teknologi canggih, dan membangun kemitraan strategis. Dengan menyediakan solusi komprehensif, kami memberdayakan produsen untuk mengarungi lanskap yang berubah, memanfaatkan peluang pertumbuhan, dan berkembang. Dedikasi kami sejalan dengan visi Indonesia tentang ekosistem industri yang dinamis, berkelanjutan, dan sejahtera," pungkas Pirmin Riegger.