Pertumbuhan E-commerce Jadi Katalisator Ekonomi Kreatif Indonesia

MIX.co.id – Event E-commerce Expo 2023 mampu mendorong transformasi digital bagi 2.000 pelaku usaha di Tanah Air.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf menjelaskan bahwa tren pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang melesat telah menjadi katalisator bagi sektor ekonomi kreatif agar pelaku usaha memperoleh akses ke pasar yang lebih luas.

“Acara E-Commerce Expo yang diselenggarakan oleh SIRCLO menjadi penting guna mendorong kesadaran para pelaku bisnis dari berbagai skala akan potensi e-commerce, agar tercipta ruang kolaboratif dalam membantu mereka tetap unggul dan mencapai sustainable growth,” ujarnya pada pembukaan E-Commerce Expo 2023, baru-baru ini (25/8) di Qbig Convention Hall, BSD City.

Mengusung tema “Building for the Future”, SIRCLO dan Meet Magento Indonesia (MMID) berhasil menyelenggarakan pameran e-commerce pertama dan terbesar di Indonesia yang bertajuk “E-Commerce Expo 2023: powered by SIRCLO” pada 25-26 Agustus 2023 lalu dan dihadiri 2.000 peserta.

Guna mendukung akselerasi transformasi digital bagi seluruh pelaku usaha, acara ini terbagi ke dalam tiga tema besar, yaitu Business, Technology, dan Innovation dengan membahas topik-topik yang bervariasi, mulai dari tren daring terkini, strategi bisnis omnichannel, e-commerce, social dan live commerce, hingga digital marketing.

Acara ini menghadirkan berbagai mitra strategis dalam ekosistem SIRCLO sebagai exhibitors yang memungkinkan para peserta memperluas jaringan dan kolaborasi guna menyokong kemajuan usaha secara kolektif.

“Kami mengapresiasi SIRCLO dan MMID atas penyelenggaraan E-Commerce Expo, karena telah mewadahi sinergi antara pakar industri e-commerce dengan pelaku bisnis dalam memasuki dunia digital,” ungkap OT. Ponangsera, CPO dari Divisi SBU Digital Service Ecosystem & Enterprise IT, Bio Farma Grup.

“Melalui wawasan praktis yang telah dibagikan selama dua hari ini, saya berharap SIRCLO dapat membantu pemberdayaan seluruh pelaku usaha untuk mampu bersaing secara kompetitif serta berkelanjutan,” timpal Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO Group.

E-Commerce Expo turut menilik lebih dalam terkait potensi UMKM di Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKop UKM) pada tahun 2021, UMKM Indonesia telah menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% serta mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja. Dengan demikian, penting bagi acara E-Commerce Expo untuk menghadirkan pelaku dalam ekosistem digital yang turut bermisi memberdayakan UMKM.

“Dalam kesempatan ini, Social Bread Indonesia bermitra dengan SIRCLO untuk mendukung kemampuan UMKM agar dapat go digital secara efektif dengan mendalami strategi-strategi pemasaran terkini dantaranya berjualan melalui fitur live commerce,” papar Rio Ardhillah, VP Relations & Business Support Social Bread. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)